Air Terjun Coban Rondo, Keindahan Alam dengan Sejuta Pesona !

Air terjun Coban Rondo Malang adalah salah satu objek wisata air terjun yang popular tidak hanya di kalangan wisatawan lokal, tapi juga di kalangan wisatawan mancanegara. Lokasi air terjun tersebut berlokasi di Pandesari, sebuah desa di kecamatan Punjong, Malang, Jawa Timur.

Tinggi Air terjun Coban Rondo mencapai 84 meter. Air terjun ini pertama kali diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 1980. Sumber air terjun berasal dari mata air yang berada di sisi lereng gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo. Kuota air yang ditimbulkan mencapai 90 hingga 150 liter per detik. Adapun gunung kawi ini sendiri juga memiliki cerita mistis di baliknya.

Berikut beberapa informasi tentang air terjun coban rondo untuk kalian yang ingin berlibur kesini…

  1. Legenda

Legenda Air Terjun Coban Rondo

Selain curahan air terjunnya yang indah dipandang dan menyejukkan, air terjun ini terkenal karena mitos di baliknya. Konon, asal mula Air Terjun Coban Rondo ini berawal dari sebuah kisah asmara sepasang pengantin baru yang bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro.

Saat usia pernikahan mereka belum genap Selapan (36 hari), Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke rumah mertuanya di Gunung Anjasmoro. Niat ini ditentang oleh orangtua Dewi Anjarwati, menurut tradisi Jawa kuno pasangan pengantin baru dilarang bepergian sebelum usia pernikahan mencapai selapan. Hal ini diyakini bisa mendatangkan kesialan bagi pasangan tersebut.

Namun, keduanya bersikeras berkunjung ke Gunung Anjasmoro. Di tengah perjalanan, tiba-tiba muncul Joko Lelono yang ternyata terpikat oleh kecantikan Dewi Anjarwati. Raden Baron pun memerintahkan anak buahnya untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati ke sebuah lokasi yang terdapat Air Terjun (dalam bahasa Jawa disebut Coban). Raden Baron dan Joko Lelono bertempur hebat hingga keduanya pun tewas. Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi Janda (dalam bahasa Jawa Rondo). Sejak saat itulah air terjun ini dinamakan dengan Air Terjun Coban Rondo.

  1. Akses Lokasi

Lokasi air terjun coban rondo berada di Pandesari, sebuah desa di kecamatan Punjong, Malang, Jawa Timur.

  • Dari arah Malang rute yang di lewati ialah Dau – Batu – Coban Rondo

Lama perjalanan sekitar 1 Jam, dengan jarak tempuh ±30 km

  • Jika kalian dari luar pulau jawa, kalian bisa transit di bandara juanda Surabaya dan menyewa jasa travel juanda Surabaya malang. Dari arah Surabaya menuju ke Malang – tiba di Songosari – Karangploso – Batu dari Batu langsung ke menuju Coban Rondo

Lama perjalanan sekitar ±3,5 Jam, dengan jarak tempuh ±142km

  1. Wahana

Ada beberapa wahana seru yang bisa kalian mainkan dan coba di tempat wisata ini, seperti :

  • Fun tubing

Wahana Fun Tubing

Fun tubing adalah berenang mengitari sungai dengan menggunakan ban pelampung. Dalam menikmati wahana ini, setiap peserta akan diberikan dua perlengkapan renang, yaitu ban dan baju pelampung.

Biaya Fun Tubing : Rp35.000 per orang

  • Paint ball

wahana paint ball

Paint Ball adalah sebuah permainan baku tembak antar team dengan menggunakan senapan mainan dan juga peluru yang terbuat dari karet.

Biaya Paint Ball (6 orang, formasi 3 vs 3, 150 peluru) : Rp.450.000

  • Satwa dan kebun

Satwa dan kebun

Di wahana ini wisatawan dapat melihat beragam satwa dan juga dapat mencoba beraneka ragam aktivitas seperti Berkuda, Bersepeda gunung, Outbound pelajar, Outbond kid/care, labirin, Kereta Kelinci, Sahabat peternak dan Petik Apel.

Harga dari masing masing wahana tersebut bervariasi, mulai dari harga 25 ribu hingga 1 juta rupiah per orang nya.

  1. Fasilitas

  • Hotel atau Penginapan

Untuk yang mencari tempat penginapan dapat diperoleh di daerah wisata Songgoriti, sekitar 5-8 km dari lokasi Air Terjun Coban Rondo.  Harga penginapan di daerah itu berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 150.000 per malam. Anda juga bisa menginap di pusat wisata kota Batu di sekitar Jatim Park 1 dan Museum Angkut, atau di sekitar Jatim Park 2 dan BNS.

  • Warung makan

Di dalam area Coban Rondo banyak terdapat warung-warung yang menjajakan makanan dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Tempat Parkir

Area parkir di objek wisata Coban Rondo cukup luas. Tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp. 2.000,- mobil Rp. 4.000,- dan Rp. 6.000,- untuk roda enam.

  • Toko Souvenir atau Oleh-oleh
  • Tempat ibadah
  • Toilet Umum
  1. Ticket

Untuk harga tiket masuk Air Terjun Coban Rondo Malang terdapat seilisih harga antara wisatawan domestik dengan wisatawan mancanegara. Wisatawan domestik cukup Rp. 8.000,- dan Rp. 10.000,- untuk turis mancanegara.

Demikianlah informasi seputar Review, Legenda, Lokasi, Wahana, Fasilitas dan Harga Tiket Objek Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang. Semoga kunjungan Anda di sana menyengkan dan mengesankan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan saat pergi ke tempat wisata yaaa….