6 Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Ingin Beli Mobil Bekas

1 min read

Mobil sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk memudahkan bepergian. Harga mobil yang mahal sering menjadi kendala untuk membelinya. Namun, dengan banyaknya mobil bekas di pasaran, banyak orang bisa memiliki alat transportasi tersebut.

Jika kamu adalah salah satu dari orang yang ingin beli mobil bekas, perhatikan 6 hal ini sebelum membeli.

Lakukan Survei

Membekali diri dengan informasi seputar mobil yang ingin kamu beli sangat diperlukan. Tujuannya agar kamu bisa menemukan jenis, merek, dan harga mobil yang kamu inginkan. Lakukanlah survei secara online. Kunjungi situs-situs yang menjual mobil baru dan bekas buat pertimbangan. Kamu juga bisa mengetahui spesifikasi dan harga pasarannya.

Tempat Membeli Mobil

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan ketika membeli mobil bekas adalah memperhatikan tempat membelinya. Pastikan tempat membeli mobil ini cukup kredibel. Kamu harus cari tahu kualitas mobil yang dijual. Cari informasinya di internet atau media sosial.

Jika ulasan yang diberikan pelanggan memuaskan, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli mobil di tempat tersebut. Kamu juga bisa membeli mobil bekas langsung dari pemiliknya. Biasanya pemilik mobil selalu merawat dan menjaga kualitas mobil yang dipakai.

Cek Kondisi Fisik Mobil

Lakukan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi fisik mobil sebelum beli mobil bekas. Mulai dari bagian interior, eksterior, hingga kondisi mesin. Jika kamu tidak terlalu paham dengan mesin, kamu bisa mengajak teman atau saudara yang tahu tentang seluk-beluk mesin mobil.

Lakukan Test Drive

Untuk mengetahui performa mesin mobil bekas, kamu harus langsung melakukan test drive. Mulailah dengan memeriksa performa pada kecepatan 0 sampai 50 km/jam; dengarkan suara mesin yang tidak normal; rasakan performa gardan, ban, roda, dan transmisi mobil di kecepatan 50 sampai 120 km.

Lakukan juga test drive di jalan tol dengan kecepatan 120 km/jam dan lihat apakah mobil dalam kondisi limbung atau tidak. Selain itu, kamu juga perlu melakukan test drive di berbagai kondisi jalan, seperti beton, aspal, atau jalan yang berlubang.

Periksa Riwayat Perawatannya

Hal lain yang harus diperhatikan ketika membeli mobil adalah periksa riwayat perawatan mobil. Tanyakan di mana biasanya mobil ini melakukan perawatan. Akan lebih bagus jika mobil bekas yang kamu ingin beli mendapatkan perawatan di bengkel resmi.

Periksa Kelengkapan Surat Mobil

Kelengkapan surat mobil sangatlah penting ketika kamu memutuskan membeli mobil bekas. Periksa dengan teliti apakah mobil yang akan dibeli mempunyai STNK dan BPKB dengan nama asli pemiliknya. Jika semua lengkap, kamu bisa mengurus balik nama dan administrasi lainnya dengan mudah.

Itulah 6 hal yang harus diperhatikan ketika ingin beli mobil bekas. Membeli mobil bekas dalam kondisi yang sangat bagus bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Jika kamu berniat berinvestasi dan mendapatkan arahan investasi yang benar dan aman, kamu bisa bergabung di qazwa.id. Qazwa.id menjadi tempat investasi yang tepat dan aman karena telah terdaftar di OJK dan pastinya merupakan salah satu platform investasi syariah tepercaya.

Cara Pembuatan, Manfaat dan Kandungan Gizi…

Air tajin untuk bayi – Setiap dari kita pasti pernah memasak nasi, terutama untuk kamu yang menjadi seorang ibu. Tentunya tahu yang namanya air...
Rifai
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *