Cara Melakukan Slam Dunk dalam Permainan Basket

Ada beberapa teknik atau cara melakukan slam dunk dalam permainan olahraga bola basket. Istilah slam dunk sendiri pastinya sudah diketahui terutama untuk Anda yang menjadi penggemar olahraga bola basket.
Pengertian Slam Dunk dalam Bola Basket

Slam dunk dapat diartikan sebagai suatu gaya yang dilakukan pemain bola basket saat berusaha memasukan bola ke dalam ring lawan. Gerakan slam dunk biasanya dilakukan dengan telapak tangan menyentuh besi pada ring basket, baik dengan satu atau dua tangan

Gerakan ini tentu saja membutuhkan lompatan yang cukup tinggi agar tangan bisa menjangkau bola yang melewati tinggi ring basket. Berbeda dengan shooting yang dilakukan hanya dengan melempar bola basket.

Cara Melakukan Slam Dunk dalam Permainan Bola Basket

cara melakukan dunk
sportsdaydfw.imgix.net

Slam dunk menjadi salah satu usaha atau gerakan memasukan bola ke dalam ring dengan peluang besar mencetak skor. Gerakan slam dunk dapat dilakukan dengan beberapa teknik berikut.

1. Teknik walking in the air

Bagi pemain bola basket tentunya penting untuk mengetahui dan mempelajari slum dunk. Langkah-langkah slam dunk dapat dilakukan dengan berbagai teknik dan salah satunya adalah walking in the air.

Cara melakukan teknik yang satu ini adalah dengan diawali lompatan jauh dan tinggi. Untuk sampai ke ring, pemain biasanya akan terlihat seolah-olah sedang berjalan di udara dan kemudian menembakkan bola dengan kuat ke dalam ring lawan.

2. Teknik alloy ops

Teknik ini tidak dilakukan oleh satu pemain yang menguasai bola, melainkan dua pemain yakni yang memegang bola dan yang dekat dengan ring basket. Teknik ini terdiri dari gerakan mengoper dan menghunjam.

Pemain yang cukup dekat dengan ring melakukan lompatan dan pada saat yang sama pemain yang sedang menguasai bola akan mengarahkannya ke pemain yang melompat tersebut. Pemain kemudian menangkap bola dan langsung melakukan slam dunk.

3. Teknik 360 degree dunk

Teknik gerakan slam dunk yang paling menarik adalah 360 degree dunk. Pemain yang akan melakukan shooting dan slam dunk akan memutar badan 360 derajat terlebih dahulu.

Pemain melompat sambil melambungkan bola dan kemudian memutar badan secara penuh. Setelah menghadap ring, bola yang ada langsung dimasukan ke dalam ring dengan tekanan penuh.

4. Teknik tip dunk

Cara melakukan slam dunk selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik tip dunk. Teknik ini bisa dilakukan untuk bola-bola shooting tetapi tidak berhasil melewati lingkaran ring.

Pada teknik yang satu ini pemain melempar bola tetapi gagal masuk ke dalam ring. Selanjutnya pemain lain akan melompat untuk menangkap bola rebound yang tidak masuk dan dilanjutkan dengan slam dunk.

slam dunk basket
cdn.vox-cdn.com

5. Teknik back dunk

Teknik keren lainnya dalam melakukan shooting bola basket adalah dengan menggunakan back dunk. Pemain memasukan bola ke ring dengan posisi badan yang menghadap belakang.

6. Teknik crossover dunk

Gerakan slam dunk yang paling sering dilakukan pemain profesional adalah crossover dunk. Cara melakukan slam dunk dengan teknik ini cukup unik dan paling sering diabadikan.

Teknik crossover drunk dilakukan dengan seorang pemain bola basket yang akan melakukan shooting. Setelah melakukan lompatan tinggi, bola tidak langsung diarahkan ke dalam ring, melainkan dioper dari satu tangan melewati selangkangan kaki untuk diterima tangan yang satunya.

Setelah operan melewati selangkan tersebut, barulah pemain akan melakukan hunjaman atau slam dunk untuk mendapatkan skor atau nilai.

Demikian beberapa pengertian dan cara melakukan slam dunk yang benar sesuai teknik permainan olahraga bola basket.