Cara Membuat Kerupuk Kulit Sapi

Sapi adalah salah satu hewan yang bagian tubuhnya banyak dimanfaatkan. Mulai dari gading, sampai ke kulitnya.

Kamu tentu tahu kalau kulit sapi itu bisa diolah menjadi berbagai macam produk dong? Mulai dari dompet kulit, ID card holder kulit sapi asli, sampai jaket kulit.

Nah, selain produk-produk kulit, ternyata adalah lho olahan makanan yang menggunakan kulit sapi sebagai bahan utamanya. Yuk, bener banget, namanya kerupuk kulit, biasa juga disebut rambak atau jangek.

Kamu pernah makan kan tentunya?

Itu loh, yang kalau dimakan kita bakal jadi seret banget. Kalau nggak diimbangi sama minum bakalan kehausan dan keseratan, hehehe.

Buat yang penasaran sama kerupuk kulit, berikut ini ada cara membuat dan bahan-bahannya.

Bahan Kerupuk Kulit

sopasti.com

Alat

  • Pisau yang sangat tajam
  • Oven panjang
  • Wajan
  • Tempat untuk menjemur

Bumbu Halus

  • 15 siung bawang putih
  • 3 sendok makan garam
  • 2 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Kerupuk Kulit

priangansari.co.id
  • Kulit sapi direndam terlebih dahulu ke dalam air kapur selama 2 hari.
  • Setelah itu bersihkan bulu yang masih menemper di kulit sapi menggunakan pisau tajam.
  • Jemur kulit di bawah sinar matahari sampai kering. Lalu potong kulit yang sudah kering.
  • Rebus potongan kulit dengan bumbu yang sudah dihaluskan sampai matang. Lalu angkat dan tiriskan.
  • Jemur kembali sampai kulit yang sudah direbus benar-benar kering.
  • Siapkan penggorengan tahap pertama. Goreng kerupuk kulit yang sudah kering menggunakan minyak di suhu sedang dengan api kecil sampai kerupuk agak mekar. Setelah agak mekar, angkat dan tiriskan.
  • Siapkan penggorengan untuk tahap kedua. Goreng lagi kerupuk kulitnya pakai minyak panas di api besar sampai kerupuk kulit mekar sempurna. Lalu angkat dan tiriskan.

Nah itu tadi cara membuat kerupuk kulit yang bisa mekar dengan baik. Kuncinya ada di penggorengan dua kali. Penggorengan pertama agar kadar air berkurang, penggorengan kedua agar kerupuk kulit mekar sempurna.

Kamu bisa membuat kerupuk kulit lain dengan aneka rasa lho. Misalnya saja ingin membuat kerupuk kulit menggunakan bumbu barbeque, tinggal tambahkan saja bumbu tabur itu. Ada banyak kok, mulai dari rasa ayam panggang, sapi panggang, jagung bakar, pedas manis, dan masih banyak lagi.

Selain dinikmati secara langsung, kerupuk kulit ini bisa dimakan bersama dengan nasi lho. Kamu pasti makannya jadi tambah lahap deh. Soalnya, kalau ada kriuk-kriuk saat makan itu bisa nambah nafsu makan kita.

Ada tambahan lagi, kalau kamu tidak ingin langsung mengonsumsi kerupuk kulitnya. Bisa disimpan saat masih mentah dan kering. Jadi, kerupuk sebelum digoreng bisa kamu simpan di wadah yang kering dan tertutup rapat.

Jangan simpan di tempa yang lembab ya, bisa-bisa kerupuk kulitnya jamuran. Simpan di dalam wadah rapat, kalau mau dikonsumsi bisa langsung digoreng.

Setelah digoreng pun, kamu harus menyimpannya di dalam wadah juga lho. Jangan sampai dibiarkan di suhu ruangan. Karena, bisa nggak renyah dan jadi mlempem tuh kerupuk kulitnya. Kalau udah mlempem tentu rasanya nggak enak lagi.

Yah, walaupun masih gurih, tapi kalau kerupuknya udah nggak renyah tentu jadi nggak enak dong.

Demikian cara membuat kerupuk dari kulit sapi yang enak dan mantab. Rasanya gurih dengan tekstur yang renyah dan seret. Bikin kamu pengen nambah terus makannya sampai habis. Kalau belum habis nggak bakalan berhenti deh makannya. (sumber: masfikr.com)