6 Tips Penggemar Desain Rumah Minimalis!

Rumah minimalis menjadi salah satu desain yang paling banyak digunakan akhir-akhir ini. Terlebih karena lahan untuk rumah sekarang cukup sulit, jika menggunakan desain yang lain membutuhkan bahan yang lebih banyak, lahan yang luas dan juga modal yang cukup banyak.

Namun berbeda dengan rumah minimalis yang bisa lebih hemat namun tetap modis dan bagus penampilannya.

Untuk kamu yang tertarik membangun rumah dengan desain minimalis, berikut ini 7 tips ampuh yang bisa digunakan.

1. Memilih Warna yang Tepat

desain rumah minimalis sederhana
arsitag.com

Pertama untuk membangun rumah dengan desain minimalis kamu harus bisa memilih warna yang tepat, disesuaikan dengan desain minimalis dan juga luas lahan yang dimiliki oleh rumah kamu.

Misalnya jika tanah memang benar-benar berukuran kecil maka gunakan wanra kombinasi seperti putih dan abu agar memberikan kesan luas dan juga tidak monotone atau membosankan.

Selain itu desain rumah yang terang namun tetap menggunakan warna netral dan lembut bisa memberikan desain minimalis namun bagus.

2. Perlengkapan Rumah yang Unik

desain rumah minimalis type 36
minirumah.com

Kalau hanya sofa biasa dan juga meja biasa tidak akan mendukung rumah terlihat minimalis. Justru sebaliknya, jika hanya bangunan saja maka kesan minimalis kurang kental.

Untuk itu kamu bisa memilih perlengkapan rumah yang unik dan disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya meja makan unik yang terbuat dari kayu.

Bisa juga menggunakan buffet yang unik atau vas bunga dengan bentuk yang berbeda. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tampilan yang berbeda dengan rumah orang lain.

3. Cahaya yang Terang

desain rumah minimalis 1 lantai
desainproperties.blogspot.com

Rumah minimalis memang memiliki ruang yang luas, hal ini membutuhkan pencahayaan yang terang dan bagus. Dari lampu atau pencahayaan ini kamu bisa membangun sisi minimalisnya.

Biasanya rumah minimalis menggunakan lampu berwarna kuning yang ditaruh di sisi rumah dengan bentuk yang unik.

Selain itu kamu bisa menggunakan lampu gantung dengan bentuk seperti hiasan yang bisa menerangi ruangan. Karena rumah minimalis menggunakan warna yang netral jika tidak menggunakan pencahayaan yang cerah akan terlihat gloomy atau gelap.

4. Sirkulasi yang Bagus

desain rumah minimalis mewah
dekoruma.com

Rumah minimalis menggunakan sirkulasi udara yang bagus, rumah dengan desain ini pasti menggunakan ventilasi untuk setiap pintu di rumahnya.

Tujuannya untuk memberikan kesan rumah yang adem dan asri, makannya rumah minimalis cocok berada di daerah perkotaan.

Untuk kamu yang menggunakan desain ini pastikan sirkulasi udara di rumah bagus dan jangan sering-sering menutup rapat rumah.

5. Rumah Selalu Bersih

kumpulan desain rumah minimalis
homeandequipment.blogspot.com

Sebenarnya apapun desainnya rumah yang bersih akan terasa nyaman, namun khusus untuk rumah minimalis kamu tidak memiliki ruang untuk mengotori rumah tersebut.

Karena dengan ruangan yang luas dan cat berwarna terang jika kotor sedikit saja akan mempengaruhi keadaan rumah dan terlihat seperti tidak terawat.

Selain itu desain rumah minimalis yang kaku bisa menyebabkan kamu merasa stress atau tertekan karena kondisi rumah yang berantakan dan kotor.

6. Simpel namun Efisien

desain rumah minimalis 2 lantai sederhana
desainrumahminimalis14.blogspot.com

Pastikan jika menggunakan desain minimalis maka rumah kamu termasuk yang simpel tetapi efisien. Misalnya penggunaan lahan kosong untuk halaman namun dibangun ruang kecil tempat menaruh berbagai kebutuhan kebun kamu. Bisa dibilang seperti storage atau gudang. Sehingga tidak akan memenuhi rumah namun tetap efeisien.

Keenam tips rumah dengan desain minimalis diatas bisa kamu terapkan dengan bentuk dan ukuran rumah berapapun dan seperti apapun.

Desain hanya menggambarkan garis besarnya saja, kamu bisa berinovasi untuk membuat rumah menjadi unik asalkan esensi “minimalis” dalam desain rumah tidak dihilangkan.

Sumber: Hustopia.com