Kenali Jenis-jenis Asuransi Mobil Sebelum Membelinya

2 min read

Meskipun kini alternatif transportasi umum, khususnya Jakarta, mengalami banyak perubahan dan nyaman digunakan, namun memiliki kendaraan sendiri masih menjadi impian sebagian besar orang. Ditambah lagi taraf hidup yang makin meningkat, membuat keinginan membeli mobil juga semakin tinggi.

Tapi sayangnya, keinginan ini tidak diikuti dengan pengetahuan pentingnya memiliki asuransi kendaraan. Tidak jarang, pembeli mobil baru hanya memikirkan biaya cicilan bulanan mobil dan perawatan rutinnya saja. Hal ini menyebabkan pemilik mobil harus pasrah ketika kendaraannya mengalami beragam risiko mulai dari pencurian hingga kecelakaan.

Untuk itu, penting bagi para pemilik kendaraan mengetahui jenis-jenis asuransi mobil sebelum memutuskan untuk membeli. Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi mobil yang dapat kamu gunakan sebagai referensi dalam memutuskan pilihan.

Asuransi All Risk

Biasanya asuransi ini didaftarkan saat awal membeli mobil baru. Untuk jenis asuransi ini, pihak perusahaan akan membayarkan klaim untuk segala jenis kerusakan yang terjadi pada mobil.

Tidak hanya itu, asuransi ini juga menjamin klaim kehilangan. Sederhananya, jenis asuransi ini menjamin hampir semua risiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraanmu.

Seperti kata pepatah “di mana ada harga, di situ ada kualitas”, maka tentunya biaya bulanan dari asuransi ini tidak murah karena banyaknya risiko yang harus ditanggung. Untuk itu, sebaiknya pertimbangkan dengan cermat sebelum memilih asuransi ini untuk kendaraanmu.

Asuransi Total Lost Only (TLO)

Berbeda dengan asuransi all risk yang menjamin hampir semua risiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraanmu, TLO hanya menjamin risiko kehilangan akibat pencurian.

Asuransi ini juga menjamin risiko kerusakan, namun hanya jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau lebih dari 75 persen dari harga mobil sebelum kerusakan terjadi. Jadi, jenis asuransi ini hanya menjamin kerusakan dalam skala besar.

Meskipun tidak semahal asuransi all risk, jenis asuransi  ini tetap menguntungkan. Bayangkan ketika mobilmu mengalami kerusakan yang cukup parah dan memakan banyak biaya? Tentunya ini akan menjadi masalah, karena kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk perbaikan.

Sesuai dengan risiko yang ditanggung, biaya premi dari jenis asuransi ini tentunya tidak semahal asuransi all risk.

Asuransi Mobil Collision Coverage

Sesuai dengan namanya, jenis asuransi ini dikhususkan untuk membiayai risiko tabrakan yang disebabkan oleh pengemudi. Asuransi ini dapat membayarkan senilai mobil yang kamu miliki bahkan ketika mobilmu rusak berat yang memakan biaya perbaikan melebihi harga mobil.

Namun, sebelum memilih asuransi ini perhatikan dulu tahun keluaran mobil. Asuransi ini disarankan untuk pembeli mobil baru atau mobil-mobil dengan harga mahal.

Karena untuk mendaftar asuransi ini sangat bergantung dengan nilai mobilmu. Tentunya semakin lama tahun keluaran lama, nilainya akan semakin rendah. Untuk itu, asuransi ini tidak disarankan bagi pemilik mobil-mobil tua.

Liability Insurance

Jenis asuransi ini adalah asuransi dasar yang penting untuk diketahui. Hampir sama dengan collision coverage, jenis asuransi ini menjamin kecelakaan yang dilakukan oleh pengemudi.

Namun bedanya, asuransi ini tidak hanya menjamin kerusakan terhadap mobil tapi juga mencakup tagihan medis yang muncul karena kecelakaan tersebut.

Saran dari kami, jika kamu memilih jenis asuransi ini, sebaiknya membayarkan biaya di atas jumlah minimal yang ditawarkan. Ini untuk menghindari pengeluaran ekstra ketika ada biaya tambahan di luar tanggungan yang diberikan. Tidak ada salahnya kan bersiap untuk kemungkinan terburuk?

Personal Injury Protection (PIP)

Sesuai dengan namanya, asuransi ini ini memberikan perlindungan terhadap pengemudi/pemilik kendaraan beserta penumpangnya.

Jenis asuransi ini memberikan jaminan proteksi kepada pemilik kendaraan terhadap risiko kematian, cacat tetap dan biaya perawatan atau pengobatan yang disebabkan oleh kecelakaan. Sekilas, jenis asuransi ini hampir sama dengan asuransi jiwa.

Sayangnya, asuransi jenis ini umum diberlakukan di negara-negara maju seperti di Eropa atau Amerika.

Pada dasarnya, asuransi dibuat agar kita merasa tenang menghadapi risiko-risiko yang kemungkinan terjadi pada properti kita, dalam hal ini mobil, maupun diri kita sendiri. Selain itu, asuransi juga membebaskan kita dari rasa khawatir terhadap pengeluaran ekstra jika mobil mengalami kerusakan.

Kamu tidak perlu memiliki semua jenis asuransi, cukup pilih yang sesuai dengan budget dan kondisi keuanganmu. Kunjungi lifepal.co.id untuk mendapatkan info jenis asuransi yang sesuai dengan budget-mu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *