4 Jenis Kucing yang Cantik dan Menarik

Buat kamu yang suka hewan, kucing tentu menjadi salah satu hewan kesukaanmu. Selain lucu, melihat kucing juga menenangkan ya, kalau lagi tidur, hehhehe.

Kucing ini sebenarnya sudah hidup di sekitar manusia sejak 9.500 tahun yang lalu. Dan, hewan ini adalah peliharaan yang paling populer di dunia lho.

Kenapa populer?

Karena, kucing merupakan hewan yang relatif aman di sekitar anak-anak. Jadi, kita nggak perlu takut kalau punya anak kecil dan memelihara kucing di rumah.

Bulu dari kucing juga indah, jadi kita bisa melihatnya dan menikmati keindahannya. Hewan ini juga jinak, jadi kamu tentu akan suka memeliharanya.

Nah, ternyata ada banyak jenis kucing di dunia ini lho. Berikut ini ada beberapa jenis kucing yang ada di dunia ini.

1. Kucing Persia

meongku.com

Ciri-ciri kucing persia adalah wajahnya bulat, kaki pendek, hidung pesek, dan bulunya panjang. Bahkan kucing ini dinilai sebagai kucing nomor 1 paling populer di dunia.

Kucing persia pertama kali dipelihara oleh salah satu peternak Inggris. Kemudian dibawa peternak Amerika sesudah perang dunia II.

Walaupun kucing jenis ini perlu perawatan yang tidak murah, tetapi tepat saja ada yagn menggemarinya.

Kucing persia ternyata juga punya berbagai jenis lho, ada Persia Flatnose, Persia Peaknose, Persia Medium, dan juga Persia Himalaya.

Kalau kamu mau pelihara jenis kucing ini, paling cocok diberi makan makanan kering dan basah. Kamu bisa mendapatkannya di toko hewan atau pet shop.

2. Kucing Siam (Siamese)

wikipedia

Buat yang suka oriental, pilih kucing ini sangat cocok untukmu. Asal dari kucing ini tidaklah diketahui, tapi diyakini dari Asia Tenggara.

Ciri dari kucing ini adalah tubuhnya ramping, elegan, tampak berotot, dan fleksibel. Memiliki kepala berbentuk segitiga dengan hidung yang tipis. Matanya berbentuk seperti almond, berambut pendek, halus berkilau, ketat, dan lembut.

Kucing jenis ini sangat komunikatif, biasanya akan mengeong dengan suara yang lembut untuk menarik perhatian. Kucing siam cenderung berisik dan akan menangis kalau dia diabaikan.

Mereka senang dibelai oleh pemiliknya. Kalau sering dibelai begitu, mereka bisa jadi sangat setia lho. Dan, cuma mau dekat dengan satu orang saja.

3. Kucing Maine Coon

kucingmainecoonindo.blogspot.com

Kucing Maine Coon adalah jenis kucing tertua di dunia. Kucing ini berasal dari Maine (Amerika Serikat). Menurut sejarah yang ada, kucing ini campuran dari ras Anggora dan Norwegian Forest.

Jenis kucing Maine Coon bahkan tercatat memiliki tubuh yang besar, bentuk tubuhnya persegi panjang. Bobot tubuh kucing ini, yang jantan bisa asmpai 12-18 kg, kalau yang betina sekitar 10-14 kg.

Walaupun tubuhnya besar dan kuat, tapi mereka adalah kucing yang penuh kasih sayang. Mereka punya kepribadian yang baik dan akan membuat kamu sangat nyaman kalau kucing ini dekat dengan anak-anak. Selain itu, mereka juga setia pada keluarga pemiliknya.

4. Kucing Abyssinian

kekucingan.com

Kalau mau lihat kucing tertua di dunia, coba deh lihat Kucing Abyssinian. Kucing ini asalnya dari daerah di sekitar Mesir dan konon, kucing ini sudah hidup sejak zaman kerajaan Mesir.

Kucing Abyssinian punya tingkat kecerdasan yang cukup tinggi. Mereka akan sangat senang berada di dekat manusia. Mereka bahkan ingin tahu apa yang sedang dilakukan pemiliknya. Kalau kamu mau melatih mereka, t bisa banget kok.

Ukuran kucing ini sedang, langsing, dan memiliki bulu yang pendek. Kucing Abyssinian memiliki kaki yang pendek. Sehingga, kalau mereka berjalan akan terlihat anggun.

Bentuk kepala kucing ini adalah segitiga dengan sudutnya agak membulat. Salah satu ciri yang paling bisa kamu lihat adalah pola warna dari tubuh kucing ini. Kucing Abyssinian memiliki pola bintik-bintik pada bulunya, pola itu disebut ticket agouti.