Makanan Khas Aceh

Makanan Khas Aceh – Aceh tak hanya dikenal dengan pemandangannya yang sangat menakjubkan dan kekayaan budaya, serta sejarahnya yang luar biasa “mahal”. Kota yang dijuluki “Serambi Mekkah” ini terkenal memiliki cita rasa makanan yang begitu “kaya”. Berbagai macam kuliner Aceh dipastikan akan membuat Anda ketagihan.

Sebagai salah satu kota penghasil rempah terbesar di Indonesia, makanan khas Aceh sangat kaya akan cita rasa rempah. Hal ini membuat siapa saja yang mencicipi kulier khas Aceh bisa ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi.
Saking populernya, kuliner khas Aceh banyak tersebar di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Di Jakarta sendiri, Anda akan dapat dengan mudah menemukan rumah makan Aceh yang menyediakan masakan khas Aceh. Apa saja sih kuliner kahs Aceh yang bikin nagih?

Makanan Khas Aceh yang Bikin Ketagihan

1. Dendeng Aceh

dendeng makanan khas aceh
eagleflexible.com

Daerah Sumatera memang terkenal dengan makanannya yang berbehan dasar Sapi. Namun, yang sedikit membuat dendeng Aceh begitu berbeda dengan dendeng-dendeng lainnya adalah selain mengunakan daging Sapi, dendeng Aceh juga ada yang menggunakan daging Rusa.

Proses pembuatannya sama dengan pembuatan dendeng kebanyakan, yaitu daging segar diiris tipis dan kemudian dikeringkan. Saat proses pegeringan, daging dicampur dengan olahan rempah dan bumbu-bumbu tradisional khas Aceh.

Konon, makanan khas Aceh yang satu ini merupakan makanan sejak zaman nenek moyang dan masa kerajaan. Pada masa kerajaan yang ampau, para pelaut Aceh kerap membawanya untuk dijadikan lauk selama berlayar karena meski tanpa bahan pengawet dendeng cukup tahan lama.

2. Mie Jalak Sabang

Berbeda dengan Mie Aceh, Mie Jalak Sabang memiliki penampakkan warna yang pucat. Tekstur Mie Jalak Sabang begitu kenyal, lurus, dan pipih. Biasanya makanan khas Aceh yang satu ini disajikan dengan kuah kaldu bening nan gurih, dilengkapi dengan daging cincang, tauge, dan telur rebus.

Sama seperti kuliner khas Aceh lainnya, porsi Mie Jalak Sabang tergolong besar, namun karena dilengkapi dengan kuah kaldu yang begitu gurih, mie ini tidak eneg saat disantap. Karena rasanya yang nikmat inilah, Mie Jalak Sabang cukup terkenal dan dicintai banyak wisatawan di Aceh.

3. Eungkot Paya

Eungkot Paya makanan khas aceh
steemit.com

Makanan khas Aceh terkenal dengan dua cita rasanya yang begitu dominan, yaitu asam dan pedas. Bisa Anda bayangkan, jika dua cita rasa utama ini tergabung dalam satu jenis makanan? Tentu rasanya luar biasa.

Adalah eungkot paya, kuliner khas Aceh yang terkenal memiliki cita rasa asam-pedas dengan dominasi bumbu kelapa gongseng yang gurih, ketumbar, serta ditambah dengan serei dan daun salam koja.

Namun, perlu Anda ketahui, eungkot paya bukanlah makanan berbahan dasar daun pepaya. Eungkot paya memiliki arti Ikan Payau, yang mana merupakan jenis ikan yang digunakan sebagsi bahan dasarnya. Bagi para pecinta kuliner olahan ikan, jangan lewatkan kuliner wajib yang satu ini.

4. Eungkot Kemamah

Jika Eungkot Paya berbahan dasar Ikan Payau, Eungkot Kemamah terbuat dari bahan dasar Ikan Tuna yang direbus dan kemudian dikeringkan. Setelah melalui proses pengeringan, ikan ini diiris kecil-kecil sesuai selera.

Selanjutnya, ikan dimasak dengan campuran santan, cabai hijau, kentang, serta dilengkapi dengan bumbu-bumbu rempah khas Aceh. Sehingga eungkot keumamah memiliki cita rasa yang begitu nikmat.

Konon, ikan keumamah telah ada sejak Aceh berjuang melawan kependudukan Belanda. Makanan khas Aceh yang satu ini termasuk idola para pejuang. Selain karena rasa, cara masaknya juga mudah dan tahan lama.

Leave a Comment