6 Makanan Khas Banyuwangi yang Akan Membuat Kamu Ingin Tambah !

Makanan khas banyuwangi – Selain wisata alamnya yang sangat luar biasa. Kota Banyuwangi juga menjadi salah satu produsen kacang mete di Indonesia. Selain itu Banyuwangi juga memiliki kuliner khas yang sangat luar biasa. Pergi kemana pun tentu akan terasa aneh bila tak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Nah, kali ini, saya akan memposting tentang 6 makanan khas dari Banyu Wangi.

1. Sego Cawuk

Nah, Sobat, perlu kalian ketahui, kalau sego cawuk ini cocok banget untuk sarapan
pagi. Sobat tidak perlu susah payah mencarinya, karena sego cawuk ini sudah
banya di warteg ataupun restoran di Banyu Wangi. Dalam satu porsi sego cawuk
berisi nasi putih dan berbagai pelengkap gecok, seperti campuran parutan kelapa
dan pipilan jagung bakar yang pedas dan segar.

Jika suka, sobat bis menambahkan kuah pindang yang sedap juga sambel serai dengan daun semanggi yang dikukus. Untuk lauknya sobat bisa tinggal pilih, telur pindang atau pepes ikan laut. Sebagian orang menyebut sego cawuk dengan nama sego janganan

2. Rujak Soto

Kuliner jenis ini wajib sobat coba jika sobat mampir di Banyu Wangi. Rujak Soto adalah rujak sayur yang disiram dengan kuah soto yang di tambah dengan taburan irisan daging dan babat.

Kalian bisa menentukan pedas atau tidaknya sesuai selera anda. Nah, untuk sobat yang porsi makannya plus-plus, sobat bisa menambahkan lontong . nah, untuk sobat yang lagi ngidam Rujak Soto tapi mager, sobat tak usah khawatir, karena rujak soto bisa dipesan secara online. Mudah, kan???

3. Sego Tempong

Buat sobat yang suka banget sama yang namanya pedas, wajib banget nih untuk mencicipi sego Tempong. Nasi putih panas yang dihidangkan dengan sayuran rebus + sambel kelapa mentah dengan nama sambal tempong yang artinya tamparan. Rasa pedasnya benar-benar kayak ditampar. Beeerrr

Untuk lauknya bisa sobat pilih sendiri, mulai dari ikan goreng, , ikan asin, ayam goreng, telur dadar, kalian bisa pilih sendiri. Sego tempong paling tepat dinikmati pada malam hari.

4. Pecel Pitik

Kuliner pecel pitik awalnya hanya muncul diacara selamatan saja, tetapi kini sudah banyak ditemui di warung-warung makan di sekitar kota Banyu Wangi. Yang membuat khas dari kuliner yang satu ini yaitu parutan kelapa muda yang dibumbui kemudian dicampur dengan irisan ayam kampur yang disuwir-suwir dengan tangan tangan. Jika sobat ada waktu, sobat bisa datang langsung di desa Kemiren Banyuwangi untuk menikmati kuliner khas Banyuwangi ini.

5. Kebab

Santapan khas Banyuwangi ini terdiri dari nasi yang dilengkapi sayuran rebus dan sambal pecel lalu disiram dengan kuah rawon juga irisan daging sapi. Perpaduan antara sambal pecel dan kuah rawon yang hitam menghasilkan rasa yang khas dan wajib sobat coba. Oh, ya. Jangan lupa sama rempeyek, biar pecel rawon makin terasa nikmat.

Banyuwangi juga memiliki pabrik kebab. Pabrik kebab di Banyuwangi tidak kalah besar dengan pabrik kebab di Surabaya.

 

6. Ayam Pedas

Makanan khas Banyuwangi inisangat mudah ditemukan di Banyuwangi bagian Selatan. Potongan ayam yang sudah dibakar kemudian dicampur dengan kuah santan yang tidak begitu kental ini akan tercipta ayam pedas yang pedasnya menggetarkan lidah luar biasa. Menu ini juga menjadi salah satu menu andalan di catering murah balikpapan.

Untuk satu porsi ayam pedas ini, terkadang dilengkapi dengan telur ayam rebus dan hati ayam. Untuk sobat yang mau mencicipi ayam pedas ini, direkomendasikan agar memakai sendok ataupun garpu. Karena kalau tidak, siap-siap tangan sobat akan terasa panas meskipun tangan sobat udah dicuci berkali-kali.

nah, itulah 6 makanan khas Banyuwangi yang wajib sobat cicipi.

Leave a Comment