10 Makanan Khas Makassar dan Rekomendasi Tempat untuk Mencobanya

3 min read

Songkolo Bagadang makassar

Ketika mengunjungi kota Makassar, mungkin Anda akan sangat familiar dengan tradisi yang masih melekat dengan erat di daerah ini. Begitu banyak adat istiadat yang masih dipertahankan hingga sekarang.

Kekayaan daerah lainnya seperti kesenian pun tak luput menjadi satu hal yang terus dilestarikan oleh masyarakat Makassar, tak terkecuali dengan kuliner khasnya. Ya, jika Anda datang ke daerah ini, Anda bisa menemukan begitu banyak makanan khas Makassar yang dijajakan di setiap sudut daerahnya.

Tentunya tak lengkap jika Anda tak mencicipi semua kuliner khas Makassar tersebut, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan semua tersedia lengkap. Anda bisa keliling kota dengan rental mobil di Makassar, sehingga perjalanan berburu kuliner di tempat ini semakin menyenangkan.

Penasaran apa saja kuliner khas Makassar yang wajib Anda coba ketika berkunjung kesini? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Coto Makassar

coto makassar

Salah satu makanan khas Makassar adalah Coto. Makanan yang berasal dari Sulawesi Selatan ini dibuat dengan rempah yang begitu beragam dan daging yang diolah cukup lama sehingga menghasilkan makanan berkuah lezat dengan teksturnya lembut dan empuk.

Makanan yang paling nikmat disantap saat siang hari ini bisa Anda jumpai di seluruh penjuru kota Makassar, namun ada satu tempat recommended yang bisa Anda kunjungi yakni Coto Nusantara. Lokasi tempat makan ini ada di Jalan Nusantara Baru No. 142, Ende, Wajo, Kota Makassar.

Pallubasa

Jika dilihat dari tampilan dan rasanya, hidangan satu ini memiliki kemiripan dengan Coto Makassar. Dimana makanan khas ini dibuat dari jeroan sapi atau kerbau dan potongan daging empuk. Bahan-bahan tersebut kemudian disajikan di dalam kuah kaya rempah yang begitu gurih dan penuh cita rasa.

Makanan yang biasanya disantap bersama nasi putih ini bisa Anda jumpai di Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Mamajang, Kota Makassar yakni di rumah makan Pallubasa Serigala. Dengan tekstur daging yang empuk dan rasa yang begitu lezat, Pallubasa di tempat ini selalu laris manis diserbu pembeli.

Pallumara

Pallumara makassar

Meskipun memiliki nama yang hampir sama, namun kedua makanan khas Makassar ini berbeda jauh. Pallumara sendiri merupakan makanan yang terbuat dari seafood atau ikan yang diolah dengan bumbu kuning dan campuran kuah asam manis. Jenis ikan yang kerap digunakan sebagai bahan utama pembuatan pallumara adalah ikan kakap merah dengan ikan tongkol atau bandeng.

Penasaran dengan kuliner yang sekilas tampak mirip gule ikan Padang ini? Anda bisa datang ke Jalan Prof. Dr. Abdurrahman Basalamah N. 99A. Karampuang, Panakkukang, Kota Makassar atau tepatnya di Rumah Makan Ulu Juku.

Pisang Epe

pisang epe di pantai losari makassar

Bingung mau cari cemilan khas Makassar yang lezat dan nagih? Anda bisa mencoba olahan pisang kepok bakar yang disiram dengan topping campuran gula merah dan durian ini. buat Anda yang suka durian, makanan yang disebut dengan pisang epe ini juga kerap disajikan dengan topping daging buah durian lho.

Momen paling sempurna untuk menikmati empuk dan manisnya pisang epe adalah saat sore atau malam hari. Dessert khas Makassar ini banyak dijual di sepanjang pantai Losari, tentunya dengan harga yang murah meriah.

Barongko

Barongko makassar

Makassar memang cukup terkenal dengan cemilan atau kue-kuean yang terbuat dari bahan dasar pisang. Seperti barongko ini yang dibuat dari pisang yang dihaluskan kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang.

Kue basah ini sebenarnya bisa Anda temukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional di Makassar, tapi jika tak ingin repot mencarinya Anda bisa langsung datang ke MAMA Toko Kue dan Es Krim di Jalan Serui No. 19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar.

Gogoso

Gogoso khas makassar

Cemilan yang satu ini biasanya hanya aka keluar ketika momen lebaran saja, dan dihidangkan bersama telur asin. Gogoso sendiri adalah cemilan yang terbuat dari beras ketan kemudian dibungkus dengan daun pisang dna dibakar sampai matang.

Makanan yang banyak disukai oleh warga keturunan Makassar-Bugis ini juga bisa Anda dapatkan di MAMA Toko Kue dan Es Krim dengan harga Rp. 10.000 saja perbungkusnya.

Mie Titi

mie titi makassar

Mau mencicipi kuliner ala Tionghoa di kota Makassar? Anda bisa langsung coba Mie Titi. Selain rasanya yang begitu gurih, mie berkuah kuning ini juga diolah dengan banyak campuran bahan lezat seperti seafood, daging dan juga sayuran. Jadi selain lezat dijamin kandungan gizinya pun lengkap.

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati Mie Titi adalah di Mie Titi Panakukkang yang berlokasi di Jalan Boulevard No. 25, Masale, Panakkukang, Kota Makassar. Harga mie yang dijual disini pun sangat murah, yakni Rp. 15.000 saja.

Juku Pallu Ce’la

Juku Pallu Ce’la makassar

Selanjutnya ada makanan khas Makassar yang terbuat dari ikan cakalang atau bisa juga digantikan dengan ikan bolu, ikan laying, sibula’ ataupun tembang. Meskipun bumbu yang digunakan sangat sederhana yakni kunyit dan garam saja, namun rasa Juku Pallu Ce’la sangat istimewa karena proses pembuatannya yang spesial.

Jika Anda ingin mencicipi makanan bergizi tinggi ini, Anda bisa datang ke Rumah Makan Seafood Apong di Jalan pangeran Diponegoro No. 95, Melayu, Wajo, Kota Makassar.

Bebek Palekko

Bebek Palekko makassar

Siapa bilang Makassar hanya punya makanan khas dari ikan dan pisang saja. Daerah ini juga punya menu spesial dari daging bebek yang dicincang dan dimasak dengan bumbu pedas yang akan membuat keringat Anda bercucuran.

Makanan yang cocok disantap bersama nasi putih hangat ini bisa Anda temukan di Palekko Makassar yang berlokasi di jalan Tamalanrea Raya BTP Blok C No 27 A, Tamalanrea, Kota Makassar.

Songkolo Bagadang

Songkolo Bagadang makassar

Kuliner terakhir yang tak boleh Anda lewatkan ketika ada di kota Makassar adalah Songkolo Bagadang. Makanan khas ini terdiri dari nasi ketan hitam/putih dengan serundeng kelapa sangrai sebagai teman makannya. Untuk menambah cita rasa gurih, menu ini juga kerap disantap bersama ikan teri asin, sambal kuning ataupun telur.

Salah satu rekomendasi tempat terbaik untuk menikmati Songkolo Bagadang adalah Songkolo Bagadang Alhamdulillah di Jalan Pannara No. 19, Antang, Manggala, Kota Makassar.

Itu dia 10 makanan khas Makassar yang lezat dan menggugah selera makan. Jangan sampai melewatkan satupun makanan khas di atas ya, atau Anda akan menyesal. Baca juga makanan khas Palembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *