5 Makanan populer Khas Padang, Mungkin Ada yang Belum Kamu Coba

Makanan khas padang – Padang merupakan salah satu kota yang terletak di Sumatra Barat, sekaligus sebagai ibu kota Provinsi Sumatra Barat, Penduduk aslinya adalah suku minang kabau. Ketika mendengar kata “padang”, hal pertama yang terlintas dalam ingatan adalah masakannya. Berbumbu pekat dan pedas merupakan ciri khas dari masakan padang.

Bumbu utama yang sering digunakan untuk masakan padang adalah cabai, rempah lain yang sering digunakan juga yaitu jahe, serai, kunyit, daun jeruk, dan daun kunyit. Selain itu, salah satu bahan yang paling sering digunakan pada masakan padang ialah santan.

Daging sapi, ayam, ikan mas, daun singkong, kacang panjang, kol, dan terong menjadi bahan pangan utama yang digunakan di dapur padang. Meskipun tetap ada bahan-bahan lain untuk melengkapi menu-menu andalan padang.

Jenis Jenis Masakan Khas Padang

makanan khas padang
sakurrivaldo.com

Masakan padang merupakan salah satu jenis masakan yang sangat di gemari oleh masyarakat, masakan ini memiliki rasa khas dan juga sangat lezat. Pedas menjadi salah satu ciri khas utama masakan padang.

Salah satu masakan padang yang paling terkenal adalah rendang. Namun, sebenarnya masakan padang bukan hanya rendang. Pada tulisan kali ini, akan disebutkan berbagai jenis masakan padang yang mungkin sebagiannya belum anda coba. Berikut ini jenis-jenis masakan Khas padang:

1. Rendang

Rendang adalah masakan khas padang yang pertama. Masakan yang terbut dari daging ini, bahkan dinobatkan termasuk dalam 100 daftar masakan atau makanan yang paling enak di Dunia versi CNN. Daging yang lembut dengan bumbu racikan rempah-rempah yang kuat, membuat makanan ini sangat digemari oleh banyak orang. Masakan ini merupakan makanan yang selalu ada di warung padang mana pun yang kita kunjungi.

Para penikmat masakan padang ketagihan menikmati rendang karena kelembutan daging dan bumbu kuahnya yang gurih. Memasak rendang ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Tujuan memasak rendang dalam waktu lama agar bumbu-bumbunya meresap sempurna sampai ke bagian terdalam daging sapi, dan juga membuat rendang bisa tahan lebih lama dari masakan-masakan yang lainnya.

2. Dendeng Balado

makanan khas padang, dendeng balado
resepharian.com

Berikutnya masakan padang yang tak kalah enak adalah dendeng. Bagi anda yang belum pernah mencobanya, dijamin akan ketagihan ketika mencoba untuk pertama kalinya nanti.

Bahan utama dendeng berasal dari daging sapi, sama dengan dendeng. Perbedaannya, kalo dibandingkan dengan rendang yang daging sapinya lembut, tekstur dendeng lebih cenderung keras. Biasanya dendeng dimasak hanya dengan ditumis atau digoreng saja.

Sebelum dimasak menjadi dendeng, daging sapi dijemur terlebih dahulu hingga benar-benar kering. Sebelum dijemur, daging sapi dicampur dengan bumbu khusus yang terdiri dari campuran berbagai rempah-rempah yang akan membuat daging sapi menjadi lebih awet. Rempah-rempah yang dicampurkan dengan daging sebelum dijemur, akan memperkuat rasa khas dari dendeng itu sendiri. Tujuan utama mengolah daging menjadi dendeng adalah agar daging lebih awet tahan lama.

3. Sate Padang

Ini adalah masakan khas padang yang juga wajib anda coba bila anda termasuk pecinta kuliner. Soal rasa, tidak perlu ditanyakan lagi. Dijamin anda akan ketagihan untuk kembali memakannnya setelah anda mencicipinya. Cara mengolah makanan ini sama dengan sate pada umumnya, yaitu dibakar hingga matang. Namun, anda tidak akan menemukan bumbu kacang pada sate padang, seperti pada bumbu sate-sate yang lain.

Bumbu yang digunakan sate padang berupa bumbu kuning yang khas dan kuat akan aroma rempah-rempahnya, bumbu sate ini cenderung agak kental. Menyantap sate padang cukup mengenyangkan karena sate ini disajikan bersama dengan lontong atau nasi. kelezatan masakan ini membuat orang yang menyantapnya selalu ketagihan untuk mencicipinya kembali.

4. Gulai Tunjang

Masakan padang dari jenis gulai ini, dijamin akan membuat anda ketagihan. Gulai tujang dari padang ini terbuat dari daging tujang, atau kaki sapi. Bahan dasar masakan yang satu ini menggunakan kaki sapi, berbeda dengan masakan padang yang lain biasanya menggunkan daging sebagai bahan utamanya. Adapun bumbu, semuanya hampir sama dengan masakan padang lainnya yang berbahan dasar daging.

Gulai ini menggunakan bumbu rempah seperti cabe, lengkuas, kunyit, merica, dan sereh, seperti pada gulai secara umumnya. Agar lebih lezat, bumbu-bumbu rempah tersebut dipadukan dengan santan kelapa kental dan dimasak dengan menggunakan tungku. Proses memasak gulai ini membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga kaki sapi menjadi matang sempurna dan bumbunya meresap terasa sampai ke dalam.

5. Nasi Lemak

Satu lagi masakan padang yang super enak adalah nasi lemak. Biasanya nasi lemak ini disajikan untuk upacara-upacara khusus atau upacara-upacara besar. Cara memasak nasi lemak, biasanya dengan menggunkan kayu bakar.

Proses pemasakan nasi lemak membutuhkan waktu yang cukup lama, hal inilah yang membuat masakan ini menjadi begitu istimewa. Selain itu, nasi lemak tidak disajikan menggunakan piring tapi disajikan dengan dialasi daun pisang.

Nasi lemak ini menjadi makanan yang wajib disajikan oleh pemilik rumah untuk menjamu para tamu atau keluarga yang berkunjung. Makanan dalam bentuk nasi ini memiliki cita rasa yang khas dengan campuran bumbu rempah-rempah, seperti kunyit dan yang lainnya. Kunyit ditumbuk hingga halus, lalu dicampurkan dengan beras dan dimasak sampai matang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai masakan khas padang. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Comment