4 Makanan Khas Sumatera dengan Segudang Citarasa

Indonesia memang kaya dengan berbagai macam keberagaman. Tidak terkecuali keberagaman kuliner yang bisa kamu coba khususnya di Sumatera. Makanan khas Sumatera biasanya terkenal dengan rasa rempah nya yang tajam dan rasa pedas. Berikut ini ada 5 jenis makanan khas dari Sumatera dengan citarasa yang berbeda-beda.

1. Bika Ambon

cookpad.com

Kue yang satu ini sudah terkenal legit dan manis. Di pulau Jawa sendiri ada kue yang hampir sama dengan bika ambon, yaitu kue sarang semut. Bika Ambon sendiri pertama kali diciptakan di Medan. Nama bika “Ambon” diambil dari nama jalan tempat kue itu dibuat. Yaitu di Jalan Ambon, Sumatera. Jadilah hingga sekarang kue bertekstur lentur ini bernama bika”Ambon”.

Bika ambon terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung ketan. Perbedaan kue bika ambon sumatera dengan yang lainnya adalah campuran air nira di dalamnya. Selain itu, ada beberapa ketentuan cara memasak yang harus diikuti oleh masyarakat Sumatera. Hal ini bertujuan agar dapat menghasilkan bika ambon yang nikmat dan lezat.

Bika ambon biasanya berwarna kuning cerah. Warna ini di dapat dari air rebusan air nira yang menyatu dengan bahan-bahan lainnya. Bika Ambon menjadi makanan khas Sumatera yang biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke sana.

2. Rendang Daging

bukalapak.com

Ini dia rajanya makanan Indonesia. Rendang daging sudah diakui kelezatannya oleh kuliner dunia. Makanan bersantan ini sudah dinobatkan sebagai makanan terlezat yang dimiliki oleh Indonesia.

Rendang daging sendiri populer dikarenakan pemakaian rempah-rempah yang cukup banyak dalam proses pengolahannya. Ditambah lagi dengan irisan daging sapi yang empuh, tebal dan lezat, menambah nilai tambah untuk makanan ini.

Rendang daging menjadi makanan khas Sumatera yang banyak menjadi buruan para pelancong. Rendang daging biasanya dicampur dengan kacang merah agar semakin lezat. Cara menikmati rendang daging cukup sederhana, yaitu dengan nasi putih hangat dan memakannya menggunakan tangan. Dijamin pasti rasanya akan semakin nikmat.

3. Empek-empek

resepumiku.com

Olahan ikan laut yang satu ini memang tidak ada habisnya. Empek-empek kini cukup populer di berbagai wilayah Indonesia, khsusunya pulau Jawa. Rasa daging ikan tenggiri yang diolah dengan menggunakan berbagai bumbu membuat empek-empek menjadi terasa lezat.

Empek-empek sendiri dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan bentuk dan rasanya. Di dalam satu menu empek-empek, biasanya terdiri dari beberapa bentuk yang berbeda. Orang-orang biasa memesan empek-empek goreng sebagai faforit mereka.

Selain digoreng, empek-empek rebus juga tidak kalah nikmatnya. Makanan ini paling enak dimakan ketika masih dalam keadaan hangat. Apalagi di tambah dengan kuah cuka rasa asam pedas, pasti menambah kenikmatan empek-empek.

4. Manuk Napinadar

tutoba.com

Makanan khas Sumatera ini sekilas hampir sama dengan ayam panggang yang biasa kita jumpai di restoran. Perbedaan keduanya ada pada bumbu rempah-rempah yang digunakan. Dalam manuk napinadar, tidak lupa ditambahkan tumbukan andaliman yang bisa menambah cita rasa daging ayam.

Daging ayam dimasak dengan cara dipanggang. Sebelum dipanggang, seluruh rempah-rempah yang ditumbuk dioleskan ke permukaan daging ayam. Lalu dibakar sampai daging empuk dan bumbu meresap.

Dari uraian di atas memang terbukti bahwa wilayah Sumatera memang sudah kaya dengan kulinernya. Beberapa makanan khas Sumatera di atas pasti sangat menggugah seleramu. Jadi jika kamu berkunjung ke Sumatera, jangan lupa untuk mencoba berbagai macam kuliner yanga ada di sana.

Jika kamu membutuhkan berbagai macam mesin makanan dan minuman. Bisa langsung berkunjung ke website ramesiamesin.com. Ramesia menjual jenis Mesin Es Krim, Mixer Roti, Mesin Bakso dan masih banyak yang lainya. Terimakasih.