Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Buah berwarna kuning ini memiliki rasa yang lezat dan harganya pun cukup terjangkau. Namun manfaat buah pisang ini juga tidak kalah dari buah mahal lainnya.

Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang

manfaat buah pisang
akurat.co

1. Baik untuk pencernaan

Mengonsumsi pisang dapat membantu mengatasi keracunan makanan seperti flu perut. Tekstur pisang yang lembut dapat dengan mudah dicerna. Saat melewati saluran cerna, secara perlahan dapat menggantikan elektrolit yang hilang. Serat dalam pisang ini juga mudah diserap oleh tubuh dan membantu meredakan diare.

2. Menurunkan tekanan darah

Pisang merupakan salah satu buah dengan kalium yang cukup tinggi. Nutrisi ini penting untuk menggantikan elektrolit di dalam tubuh yang hilang. Kalium juga bermanfaat untuk membantu mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk memperoleh manfaat buah pisang ini sebaiknya tidak mengonsumsi garam berlebih.

3. Menurunkan risiko stroke

Kalium dalam buah pisang dapat mengontrol tekanan darah. Hal tersebut dapat mengurangi risiko penyakit stroke. Manfaat ini tentu bagus terutama bagi para wanita menopause yang memiliki risiko stroke lebih tinggi. Orang yang mengonsumsi pisang memiliki risiko stroke yang lebih rendah.

4. Meningkatkan stamina saat olahraga

Buah pisang memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk kesehatan termasuk pengganti elektrolit yang hilang. Pada saat berolahraga, tubuh akan lebih banyak kehilangan cairan elektrolit yang membuat tubuh mengantuk dan lesu. Mengonsumsi buah pisang menjadi pilihan sehat untuk mengembalikan stamina saat berolahraga.

5. Mengontrol kadar gula darah

Magnesium dalam buah pisang dipercaya memiliki manfaat untuk mengendalikan gula darah. Nutrisi ini merupakan salah satu mineral yang menjaga kinerja atau fungsi organ tubuh. Magnesium penting untuk mempertahankan fungsi otot dan saraf, mengontrol tekanan darah, dan mengendalikan kadar gula darah.

6. Meredakan nyeri ulu hati

Nyeri yang terasa di bagian ulu hati dapat terjadi karena gejala mag atau karena produksi asam lambung yang terlalu banyak. Salah satu manfaat buah pisang adalah membantu menetralkan asam lambung. Pisang berperan sebagai antasida alami yang juga mengandung antioksidan tinggi.

7. Mencegah tukak lambung

tukak lambung
cloudfront.net

Manfaat mengonsumsi pisang adalah untuk mencegah terjadinya tukak lambung. Flavonoid dalam pisang yakni leucocyanidin dapat membantu meningkatkan membran mukus di dalam organ lambung. Hal tersebut bisa mencegah tukak lambung karena membran yang tergerus asam lambung.

8. Sumber serat alami

Pisang merupakan salah satu sumber serat alami yang mudah dicerna tubuh. Mengonsumsi pisang dapat memenuhi kebutuhan serat. Pisang akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Serat dalam pisang juga bagus untuk membantu program diet atau penurunan berat badan.

9. Sumber mangan

Mineral yang satu ini memiliki peran penting dalam proses metabolisme karbohidrat, asam amino, dan kolesterol. Mangan dalam buah pisang memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan tulang. Selain itu, mangan juga dapat mencegah migrain, menurunkan risiko serangan jantung, dan membantu penyembuhan luka.

10. Sumber nutrisi ibu hamil

Pisang menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pisang mengandung setidaknya 85 hingga 1500 kalori yang cukup untuk pemenuhan nutrisi tubuh. Buah berwarna kuning ini juga banyak disarankan karena termasuk buah yang mudah diserap tubuh, termasuk diserap oleh janin.

Itulah beberapa manfaat buah pisang yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi pisang juga tidak boleh terlalu banyak karena jumlah kalori dalam buah ini tergolong tinggi.