Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Manfaat jahe merah sudah lama di kenal oleh masyarakat Indonesia. Jenis jahe yang memiliki rasa lebih pedas ini sering digunakan sebagai obat herbal. Kandungan fitokimia di dalam jahe dipercaya bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Tanaman herbal ini sering dimanfaatkan untuk mengobati batuk, mual, hingga penyakit-penyakit yang lebih berat. Jenis jahe ini sedikit berbeda dengan jahe pada umumnya. Berikut adalah ulasan singkat mengenai jahe merah dan manfaatnya untuk kesehatan. Selain itu, cara budidaya jahe merah ini tidak terlalu sulit.

Jahe Merah dan Khasiatnya

khasiat jahe merah
bisnisusahaonline.com

Jahe menjadi salah satu tanaman herbal yang digunakan untuk media pengobatan tradisional. Jenis jahe merah sendiri memiliki karakter dan beberapa manfaat seperti berikut.

1. Jahe Merah

Memiliki nama latin Zingiber Officinale, jahe merah lebih sering dimanfaatkan untuk bahan baku obat-obatan. Berbeda dengan jenis jahe lain seperti jahe putih dan jahe gajah yang lebih lazim digunakan untuk rempah masakan.

Manfaat jahe merah untuk obat sendiri diambil dari kandungan fitonutrien yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Rasanya juga lebih pedas karena mengandung keton zingeron yang lebih banyak.

Memiliki ciri kulit luar yang sedikit berwarna merah karena terdapat kandungan antosianin di dalamnya. Sementara serat pada jahe merah lebih kecil dibandingkan dengan jahe gajah. Namun dari semua jenis jahe, jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri yang paling besar.

Keunggulan tersebut yang membuat jahe merah lebih banyak diolah sebagai bahan baku obat atau pun minyak jahe untuk urut.

2. Manfaat untuk kesehatan

Bagian dalam jahe merah tidak berbeda dari jenis jahe lain, namun bagian kulit luarnya berwarna sedikit kemerahan. Khasiatnya cukup beragam, obat untuk penyakit ringan hingga untuk pencegahan penyakit-penyakit yang lebih serius.

Sifat antiemietik pada jahe merah sangat efektif untuk mengurangi rasa mual atau mabuk perjalanan. Mampu menghasilkan efek laksatif yang bagus untuk pencernaan. Selain itu, jahe merah juga baik untuk membantu mengatasi peradangan dan membantu melegakan tenggorokan.

Manfaat jahe merah lainnya adalah untuk mengurangi gejala demam, sakit pinggang, pusing disertai mual, dan gejala rematik.

Berdasarkan beberapa penelitian, tanaman herbal ini juga memiliki khasiat untuk mencegah beberapa penyakit seperti hipertensi, penyakit degeneratif pada otak dan saraf, serta penyakit kardiovaskular. Khasiatnya juga mulai diteliti untuk mendukung optimalisasi terhadap fungsi paru-paru.

manfaat jahe
lintasusaha.com

3. Cara mengonsumsi jahe merah

Jahe merah disebut-sebut lebih unggul kandungan zat gizi atau fitonutrien dan minyak atsirinya dibandingkan dengan jahe putih dan jahe gajah. Tidak heran jika banyak yang memanfaatkannya untuk membantu memperbaiki dan menjaga kesehatan tubuh. Manfaat jahe merah akan lebih maksimal jika dikonsumsi dengan cara yang benar.

Kandungan zat antioksidan, antibakteri, dan antimietik lebih banyak pada jahe merah muda yang dikonsumsi secara langsung. Jahe merah segar dapat dihaluskan menjadi bubuk minuman herbal atau untuk bumbu masakan. Lebih disarankan untuk memilih jahe merah kering yang sudah dibuat campuran minuman.

Perhatikan takaran dan cara mengonsumsi jahe merah yang tepat. Hindari penambahan pemanis seperti gula atau pemanis buatan agar tidak mengganggu kandungan zat antioksidan pada jahe merah. Jangan berlebihan dalam mengonsumsi jahe merah karena jenis obat herbal ini karena efek panas yang cukup tinggi.

Batasi hanya 1-2 ruas jahe merah dalam satu hari atau ½ sendok makan hingga satu sendok makan bubuk jahe merah.

Banyak penelitian atau studi yang menyebutkan bahwa ada banyak manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh. Namun jika ragu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe merah.