rumah hijau

Rumah Hijau Dengan Berbagai Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Apa yang anda tahu mengenai green house/rumah hijau? Apa fungsi sebenarnya green house/rumah hijau pada halaman rumah anda ? Green house bukan hanya penghias taman saja, anda yang memiliki taman besar bisa memanfaatkanya dengan membuat green house untuk menanam tanaman dan membuat rumah tanaman ini.

Membuat rumah hijau seringkali dibayangkan desain rumahnya sulit. Padahal selama anda memahami semua prosesnya, baik dari persiapan hingga proses pembangunannya tentu akan terasa mudah. Rumah hijau sendiri merupakan suatu bangunan khusus yang mempunyai fungsi sebagai media bercocok tanam. Selain untuk membantu tanaman tersebut agar bisa tumbuh secara maksimal dan optimal, sejak saat pembibitan, penyimpanan sampai pada proses budidayanya.

Fungsi dan Manfaat Rumah Hijau

rumah hijau
https://bayuamatory.files.wordpress.com/

Jika sudah membahas kilasan mengenai green house/rumah hijau tadi. Maka selanjutnya kita membahas mengenai fungsi lengkap dari sebuah green house. Lantas apa fungsi tambahan lainnya ?

  • Pertama, green house dibuat untuk anda yang ingin melakukan kegiatan menanam dapat dilakukan pada setiap musim.┬áSetiap jenis tanaman memiliki sifat dan karakteristik masing-masing, yang akan menentukan kapan rumput dan tanaman tersebut dapat tumbuh, sebagai contoh anda ingin menanam tanaman buah diluar musimnya.
  • Jika anda membangun green house, maka anda bisa menumbuhkan tanaman dengan kondisi yang optimal dan tanpa harus takut dengan kondisi lingkungan yang akan menghancurkan tanaman anda. Selain itu untuk mendapatkan buah jika memang yang ditanam, tanaman buah.
  • Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi tanaman yang dihasilkan. Dengan memberikan unsur nutrisi dan memperhatikan lingkungan didalam green house. Biasanya nutrisi yang biasa digunakan adalah bahan kimia namun tetap aman, dimana kualitas dan kuantitas hasil produksi dari setiap tanaman pastinya akan menjadi lebih baik.
  • Untuk Melakukan budidaya tanaman secara organik anda bisa memanfaat green house.Dimana tanaman yang terawat dengan baik bisa dilakukan didalam green house. Seoerti halnya terjadinya serangan hama atau penyakit tanaman dapat dihindari. Dalam kondisi tersebut, penggunaan pestisida menjadi tidak dibutuhkan lagi.

Jenis-Jenis Rumah Hijau (Green House)

rumah hijau
http://dgarsitek.com/

Setelah membahas fungsi maka selanjutnya adalah jenis green house yang bisa anda buat. Dimana, anda bisa membedakan green house dari material yang digunakan untuk membuat bangunannya, diantaranya adalah :

  • Green House Bambu

Green house yang pertama yang bisa anda buat yakni green house bambu. Green house ini merupakan jenis yang paling banyak murah biaya pembuatannya. Terutama jika anda ingin mencoba pertama kali dan takut salah, green house bambu akan menjadi pilihan yang tepat.

Kelemahan jenis green house ini adalah usia pakainya yang relatif lebih singkat karena material yang digunakan rentan sebagai terhadap hama, biasanya petani menggunakannya meskipun mengundang hama Selain itu green house bambu dilengkapi oleh lastik UV.

  • Green House Kayu

Jenis green house kayu kualitasnya lebih baik dibanding jenis green house bambu. Sudah jelas karena serat kayu lebih halus dan lebih kuat sehingga tahan lama. Selain itu kayu juga biasanya bagian bawah dinding akan ditambah semen agar terlihat lebih permanen, dan penutupnya sudah menggunakan berbagai jenis pilihan material yang juga lebih permanen sifatnya.

  • Green House Besi

Terakhir adalah Jenis green house besi yang materialnya bisa dicari di tokotoko. Sudah jelas bahwa besi meruakan bahan yang sangat bagus dan juga tahan lama. Green house yang dibuat menggunakan besi akan lebih tahan lama dan juga aman untuk sebuah tanaman. Ia juga bisa kokoh dan aman ketika menanam tanaman yang tinggi dan juga tanaman yang besar.

Leave a Comment