5 Tips Hemat Buat Kamu yang Ingin Nge-backpack

Siapapun pasti setuju bahwa traveling adalah satu cara untuk bisa melepaskan penat dari rutinitas yang mungkin melelahkan. Seperti halnya dengan backpacker, melakukan perjalan ke suatu tempat dengan kondisi yang selalu diidentikkan sambil membawa tas punggung besar yang biasa disebut backpack, juga bisa menjadi salah satu cara untuk melapaskan penat.

Selain itu, backpacker adalah mereka yang memang memiliki hobi untuk melakukan perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain untuk menikmati pemandangan alam, sambil tentunya identik dengan backpack yang ada di punggung mereka.

Berbicara tentang traveling dan backpacker, biasanya banyak yang menyangka dan berasumsi bahwa melakukan perjalanan seperti itu selalu berkaitan dengan ongkos yang besar. Namun jangan salah, karena bahkan siapapun, yang punya budget mepet sekalipun tetap bisa lho melakukan perjalanan sebagai seorang backpacker.

Penasaran bagaimana caranya bisa backpacker-an dengan biaya yang ramah kantong alias hemat? Simak 5 tipsnya berikut ini.

Pilih tempat wisata yang bagus tapi murah

Wisata kalibiru

Tak perlu pergi ke tempat wisata mahal, dengan biaya masuk mahal, tapi pilihlah tempat wisata yang bagus, yang tak terlalu ramai dikunjungi orang dan biaya masuk murah, sehingga kalaupun kamu mau mengambil gambar dan menikmati pemandangannya juga bisa lebih leluasa tanpa terganggu orang ramai yang berada di sekitarnya.

Cobalah cari lewat media sosial atau media lain, atau minta saran dari orang-orang yang berpengalaman dalam dunia backpacker untuk mendapatkan tempat yang keren tapi murah di ongkos.

Lakukan perjalanan darat

Perjalanan darat

Perjalanan lewat darat bisa dibilang perjalanan yang sangat ramah di kantong, karena biaya yang murah walaupun memang kamu harus menjalani perjalanan yang lebih lama dibandingkan dengan perjalanan lewat udara.

Kamu bisa memilih kendaraan umum yang murah dan sesuai dengan budgetmu. Bukankah lebih seru backpacker-an dengan perjalanan yang menantang? Maka kamu bisa naik bus, atau mungkin kalau lebih ekstrim, sedikit berjalan kaki, atau menumpang pada truk.

Bawa barang seperlunya

Bawa barang seperlunya

Backpacker selalu identik dengan suasana ramah alam, seperti kaus oblong santai, atau jaket yang nyaman untuk perjalanan, sepatu kets atau bahkan sandal, celana gunung, topi, dan beberapa atribut santai yang bisa dipakai oleh para backpacker.

Nah, inilah kelebihan dari backpacker, karena dengan barang-barang sederhana kamu bisa menghemat budgetmu. Bawalah barang-barang seperlunya saja, sesuaikan dengan seberapa lama kamu akan melakukan perjalanan. Selain meringankan beban bawaanmu, juga untuk menghemat isi kantongmu.

Bawa bekal atau beli makan yang murah

Bawa bekal

Tentang masalah makan dan minum, kamu yang akan melakukan perjalanan sebagai seorang backpacker perlu mempertimbangkan bekal yang akan kamu bawa selama perjalanan, apalagi jika melewati tempat yang minim penjual makanan.

Kalau bekal habis, kamu bisa membeli makanan yang murah saja di warung pinggir jalan, tak perlu mencari restauran mahal karena bisa menghabiskan isi kantongmu.

Ajak teman yang paham medan dan hobi backpacker

ajak teman

Nah, yang ini adalah untuk menyiasati kamu tak akan tersesat namun tak perlu membayar mahal tour guide. Kamu bisa ajak teman kamu yang hobi backpacker-an dan rencanakan perjalanan bersama.

Karena dia hobi, maka dia akan senang hati membersamaimu, bahkan tanpa bayaran sepeserpun. Sebagai rasa terima kasih sebab telah ditemani, kamu bisa berbagi bekal dengannya.

Nah, dengan 5 tips tersebut, dijamin kamu tak akan mengalami jebol kantong karena perjalananmu sebagai backpacker. Kamu tetap bisa menikmati indahnya pemandangan alam, dengan dana yang tak mahal, sekaligus bisa melepaskan penatmu. Selamat backpacker-an!

Leave a Comment