7 Tips Menabung Uang untuk yang Merasa Boros

3 min read

nyimpen duit di celengan

Menabung kelihatannya menjadi perkara mudah, tinggal menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk tidak digunakan. Namun pada kenyataanya, masih banyak orang yang sulit menabung. Berbagai tips menabung pun bukan tidak pernah dilakukan.

Masalahnya adalah berbagai tips menabung uang yang sudah dicoba selalu gagal karena pada dasarnya gaya hidup yang cenderung boros. Dalam upaya menghemat anggaran agar tidak boros, mencoba asuransi pfimegalife.co.id dapat menjadi pilihan bijak. Preminya bisa disesuaikan dengan usia dan kebutuhan Anda.

Sebenarnya, boros tidak melulu identik tidak bisa menabung. Mungkin Anda merasa boros karena terlalu banyak makan di luar. Bisa juga Anda merasa boros karena terbiasa membeli produk-produk premium dengan harga di atas rata-rata. Hanya saja, apabila dananya memang mencukupi, hal tersebut sebenarnya sah-sah saja.

Bukan berarti juga dengan kebiasaan Anda tersebut, Anda sudah pasti tidak bisa menabung. Sekalipun dianggap boros, jika Anda memiliki motivasi dan cara efektif untuk menyisihkan uang, tabungan pasti ada. Jadi, jangan pesimistis dahulu bahwa kesempatan menabung tidak ada bagi Anda yang merasa boros. Pasti ada tips menabung yang cocok buat Anda.

Asal dilakukan dengan cara dan trik yang tepat, si boros pun bisa rutin menabung dengan efektif. Berikut ini adalah beberapa tips menabung uang yang bisa Anda lakukan jika merasa menjadi si boros tersebut.

Membuat Anggaran

Hal pertama yang Anda bisa lakukan untuk mulai bisa menabung uang adalah membuat anggaran tabungan. Tentunya Anda mesti membuat anggaran keuangan secara keseluruhan. Karena itu, mulailah biasakah membuat anggaran keuangan Anda setiap bulannya, mulai dari pendapatan sampai pengeluaran tiap pos. Tentunya adakan pula pos menabung dalam anggaran tersebut.

Tips menabung ini memang terdengar klise, tetapi sebenarnya efektif apalagi bagi Anda yang cenderung boros. Dengan adanya anggaran keuangan, Anda bisa membatasi seberapa besar pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari sampai hiburan.

Tentunya dengan adanya anggaran pula, Anda bisa mulai menyisihkan dana untuk ditabung. Bukan berarti juga dengan anggaran ini membuat Anda tidak membeli sesuatu yang ada suka. Jika memang pendapatannya memungkinkan, Anda bisa membuat pos khusus untuk hobi atau hal lainnya yang ada gemari.

Langsung Sisihkan Anggaran Menabung

langsung sisihkan uang pada tempatnya
langsung sisihkan uang pada tempatnya

Setelah membuat pos tabungan dalam anggaran keuangan, langsung pisahkan sejumlah uang yang ada dalam anggaran untuk langsung ditabung. Jangan biarkan uang tabungan tersebut digabungkan dengan total anggaran pengeluaran.

Kenapa menabung pada awal pembuatan anggaran keuangan menjadi sangat penting? Ini karena ada peluang anggaran tabungan tersebut akan terpakai di tengah atau awal bulan jika tidak langsung dipisahkan. Apalagi jika mengingat Anda termasuk tipe boros, ada kemungkinan besaran anggaran untuk pos yang lain bisa habis sebelum akhir bulan. Jika itu terjadi, sudah pasti anggaran menabung akan dipakai. Jika sudah demikian, bisa dipastikan tidak akan ada dana yang ditabung di akhir bulan.

Siapkan Rekening Terpisah

Tips menabung uang lainnya adalah memisahkan rekening untuk tabungan dengan rekening tabungan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan memisahkan rekening, diharapkan uang yang sudah ditabung tidak diganggu gugat.

Biasakan disiplin bahwa uang yang boleh Anda pakai hanyalah uang yang ada di rekening untuk kebutuhan sehari-sehari. Sementara itu, uang yang ada di rekening tabungan, sama sekali tidak boleh diambil. Supaya lebih yakin uang dari rekening tabungan tidak mudah diambil, sebaiknya rekening tabungan tidak perlu ada tambahan kartu ATM sehingga Anda makin sulit untuk melakukan pengambilan secara harian atau instan.

Jangan Lupa Investasi

Menabung tentu suatu keharusan untuk bisa menjadi dana jaga-jaga ketika Anda kehilangan pendapatan ataupun kebutuhan mendadak. Hanya saja perlu diingat, nilai tabungan di rekening Anda lama-lama akan berkurangan digerus inflasi. Bagaimana pun, Anda juga perlu tips menabung lain untuk bisa menumbuhkembangkan nilai uang Anda. Jalan satu-satunya adalah berinvestasi.

Karena itu, pastikan dalam pos anggaran yang Anda buat di awal bulan selalu ada jatah untuk berinvestasi. Banyak jalan untuk berinvestasi. Salah satunya yang minim risiko adalah mengikuti asuransi. Saat ini sudah banyak produk asuransi yang menerapkan konsep unit-link. Produk tersebut tidak hanya bisa menjadi penjaga biaya kesehatan Anda.

Di samping itu, ada sebagian nilai premi yang diinvestasikan dan dikelola perusahaan asuransi. Anda hanya tinggal menikmati hasilnya, tanpa perlu berpikir bagaimana cara mengelolanya.

Selalu Sisihkan Uang Belanja

Bukan berarti ketika anggaran untuk tabungan dan investasi sudah dibuat lalu Anda bebas menghabiskan anggaran lainnya. Coba perhatikan selama ini ketika berbelanja, cenderung ada sisa atau kembalian dari apa yang sudah dianggarkan. Sisa dari uang belanja inilah yang bisa olah dengan tips menabung yang tepat.

Dikarenakan sudah dianggarkan, pastinya tiap hari sudah tercantum seberapa besar pengeluaran yang boleh Anda keluarkan. Jika sudah begitu, setiap ada sisa dari rencana pengeluaran harian, sebaiknya uangnya langsung disisihkan. Jumlahnya mungkin tidak terlalu banyak, tapi jika Anda rajin mengumpulkannya, pada akhir bulan nilainya akan lumayan.

Total penyisihan dari sisa uang belanja di akhir bulan bisa Anda bagi dua. Pertama untuk hadiah kepada diri sendiri dengan membeli sesuatu yang diinginkan. Sebagian lain tentu baiknya dimasukkan ke rekening tabungan.

Siapkan Celengan untuk Koin

tips tabung uang koin juga

Uang koin kerap dipandang sebelah mata. Ada kecenderungan uang koin dengan nominal Rp 100 atau Rp 200 dianggap tidak bernilai. Bahkan, beberapa orang kerap mengabaikan koin-koin tersebut dengan menaruhnya di sembarang tempat.

Kalau Anda memiliki kebiasaan itu, sebaiknya mulai ubah. Daripada menaruh uang koin di sembarang tempat, sebaiknya sediakan tempat khusus untuk uang koin. Belilah celengan sederhana sebagai wadah penyimpanan.

Setiap mendapat koin kembalian atau mungkin tidak sengaja menemukannya di sekitar rumah, langsung masukkan uang koin tersebut ke dalam celengan. Walaupun hanya uang koin, kalau dikumpulkan lama-lama nilainya akan cukup besar.

Beri Motivasi Diri

Tips menabung uang yang tidak boleh dilupakan adalah motivasi yang besar. Kebanyakan berbagai tips menabung yang dijalankan menjadi gagal karena Anda tidak konsisten. Ini karena Anda tidak memiliki cukup motivasi untuk bisa melakukan apa yang sudah direncanakan.

Cobalah mulai sekarang mulai memotivasi diri. Jangan hanya dibiarkan menjadi tabungan, buat perjanjian dengan diri sendiri. Sebagai contoh, apabila jumlah rekening Anda sudah mencapai jumlah tertentu, Anda bisa membuat anggaran untuk liburan.

Bisa juga jika jumlah rekening tabungan sudah mencapai batas tertentu, bulan berikutnya Anda bisa mengambil sebagian kecil dari tabungan tersebut untuk membeli barang koleksi yang menjadi hobi Anda. Hal-hal simpel semacam itu nyatanya bisa membuat orang lebih patuh untuk menaati komitmen yang sudah dibuatnya.

Bagaimana, apakah selama ini Anda sudah pernah mencoba tips-tips menabung seperti di atas? Mulai sekarang, mulai konsisten akan tips menabung, yuk. Sekali lagi perlu diingat bahwa boros bukan berarti tidak memungkinkan menabung. Boleh saja boros asal masih sesuai dengan anggaran dana yang sudah ditentukan.

Soal masalah investasi asuransi yang menjadi salah satu tips menabung, Anda bisa melirik produk Mega Prima Link. Produk dari Megalife ini merupakan produk unit-link yang menjadikan Anda bisa berasuransi sekaligus berinvestasi secara berkala.

Sumber:

koinworks.com/blog/menyimpan-uang/
thecut.com/2018/03/how-to-save-money-easy.html
americasaves.org/for-savers/make-a-plan-how-to-save-money/54-ways-to-save-money
cosmogirl.co.id/artikel/read/7414/10-Cara-Mulai-Menabung-Buat-Si-Boros
cermati.com/artikel/7-tips-jitu-cara-atur-uang-bagi-si-boros

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *