Tokoh Islam Dunia dan Pengaruhnya

Islam menjadi salah satu agama tertua di dunia. Dalam perkembangan agama Islam tentunya sudah banyak tokoh Islam dunia yang dikenal dengan berbagai penemuan, jasa, dan pengaruhnya terhadap golongan maupun peradaban Islam. Berikut adalah beberapa toko Islam yang tercatat dalam perkembangan agama Islam.

Tokoh Islam dan Peranannya

tokoh islam
simomot.com

1. Khulafaur Rasyidin

Tokoh muslim di masa Rasulullah yang patut diteladani jumlahnya sangat banyak. Salah satu yang terkenal adalah khulafaur Rasyidin yang merupakan empat khalifah pemimpin penyebaran agam islam.

Tidak hanya kompeten memimpin, tokoh-tokoh muslim yang termasuk khulafaur rasyidin adalah orang-orang yang begitu dekat dan mencintai rasulullah.

2. Ilmuwan muslim

Sejarah Islam mencatat beberapa nama ilmuwan yang memiliki peran penting dalam dunia modern. Tokoh Islam dunia yang terkenal dengan penemuan di berbagai bidang ilmu antara lain adalah Ibnu Sina, Al Khawarizmi, Al Kindi, Jabir bin Hayyan, dan masih banyak lagi.

Banyak ilmuwan muslim yang mulai dikenal setelah masa khulafaur rasyidin. Tokoh ilmuwan muslim banyak dikenal terutama di masa Daulah bani Abbasiyah.

3. Pimpinan besar

Tidak hanya ilmuwan muslim, beberapa tokoh Islam juga terkenal karena kepemimpinan yang tidak terlupakan. Salah satunya adalah Abu Jafar Al Mansyur yang dikenal karena kemampuan dan strategi berdirinya dualah Bani Abbasiyah.

Nama Nurudin Zanki juga muncul sebagai tokoh muslim yang tercatat dalam sejarah Islam karena kemampuannya mengusir tentara salib dari wilayah palestina. Tokoh Islam dunia dengan kemampuan memimpin dalam sejarah Islam lainnya adalah Sholahudin Al Ayubi dan lain sebagainya.

4. Tokoh islam wanita

Beberapa nama yang tercatat dalam sejarah Islam tidak hanya dari kaum adam saja. Tokoh Islam wanita juga memiliki peran penting, sebut saja Khadijah Binti Khuwaylid yang merupakan istri Rasululullah.

Beliau merupakan pedang sukses yang dikenal sebagai sosok yang setia mendampingi dan melindungi suami. Selanjutnya adalah Aisha Binti Abu Bakar yang dikenal sebagai perawi hadis, selain menjadi istri rasulullah.

Nama tokoh lainnya adalah Rabiah Al Adawiyah yang merupakan seorang budak yang bebas. Beliau memiliki kemampuan mistik dan dikenal dengan ceritanya yang terkenal di berbagai tempat.

5. Tokoh Islam liberal

Nama Muhammad Arkoun adalah salah satu tokoh Islam liberal dari Afrika, lebih tepatnya dari ALjazai. Beliau mencapai banyak kesuksesan di pendidikannya dan sudah sering diundang oleh universitas di Prancis.

Selain itu, ada Ali Abd Razaq yang juga menjadi salah satu tokoh Islam dunia dengan berbagai bukunya yang sudah diterbitkan untuk mendukung tindakan Musata Kemal. Muncul juga nama Fazlur Rohman yang dikenal di dunia akademik.

Berbagai karyanya adalah terkait dengan Alquran dan hadis yang digemari di dunia pendidikan Islam.

6. Tokoh Islam modern

erdogan turkey
.bwbx.io

Di era modern, banyak muncul nama-nama tokoh muslim yang memiliki pengaruh besar di dunia. Seperti Erdogan yang tidak lain adalah presiden Turki. Recep Tayyip Erdogan menjabat sebagai presiden Turki dan banyak memberikan pengaruh di negaranya.

Berbagai sumber menyebutkan bahwa Erdogan berhasil dengan reformasi konstitusional di Turki dan memunculkan kembali kekuatan Turki sebagai kekuatan global utama. Erdogan juga dikenal dengan hubungan baiknya terhadap negara-negara mayoritas muslim di dunia.

Beliau membuka 20 kedutaan baru di Afrika dan membantu warga Somalia yang dilanda kelaparan dan kekeringan. Nama-nama lain seperti raja Salman dari Arab Saudi dan Raja Abdullah II dari Yordania juga disebut sebagai tokoh muslim paling berpengaruh di dunia.

Itulah beberapa nama tokoh Islam dunia yang memiliki peran dan pengaruhnya di dunia.