Tips Memulai Kerja Sampingan yang Cocok Bagi Anda Pemilik Modal Kecil

5 min read

Kebutuhan yang semakin bertambah membuat sebagian orang berpikir bahwa melakukan pekerjaan sampingan merupakan cara yang tepat untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Terlebih lagi, kemajuan teknologi yang ada saat ini membuat pekerjaan sampingan yang ada semakin beragam.

Selain itu, pekerjaan sampingan yang ada saat ini juga bisa Anda lakukan kapan saja sesuai dengan waktu luang yang Anda miliki. Nah, melakukan kerja sampingan dengan memanfaatkan media internet merupakan sebuah pilihan bagi sebagian besar orang.

Selain lebih praktis, memanfaatkan dunia maya seperti sosial media dapat memberikan keuntungan yang lebih banyak.

Namun, untuk bisa mendapatkan pekerjaan sampingan yang satu ini tidaklah dilakukan dengan sembarang. Tidak jarang Anda mendengar jika ada orang yang tidak sukses dengan pekerjaan sampingan yang dilakukannya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal tersebut, contohnya saja karena beberapa orang tadi tidak bisa menerapkan strategi yang baik.

Lakukan Cara Ini Untuk Mendapatkan Kerja Sampingan yang Memberikan Banyak Keuntungan

via blogspot

Sebelum Anda memulai kerja sampingan, sebenarnya ada beberapa hal yang tidak boleh untuk Anda lewatkan begitu saja. Sama halnya dengan pekerjaan yang lainnya, untuk bisa sukses dengan pekerjaan sampingan Anda dan mendapatkan penghasilan yang tinggi, Anda harus melakukan beberapa strategi penting agar usaha Anda tidak sia-sia.

Cara mudah mendapatkan uang dengan kerja sampingan bisa Anda lakukan dengan beberapa strategi di bawah ini:

Perhitungkan Waktu Dengan Baik

Untuk melakukan pekerjaan sampingan, Anda juga perlu me-manage waktu dengan baik. Jika Anda memiliki jam kerja dari jam 8 pagi hingga 4 sore, maka waktu yang tepat untuk melakukan pekerjaan sampingan ialah pada malam hari. Pastikan juga bahwa tubuh Anda tidak terlalu lelah untuk bekerja lagi pada malam harinya.

Carilah Pekerjaan yang Sesuai dengan Hobi Anda

Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda mendapatkan gaji dari sesuatu yang Anda sukai. Nah, untuk bisa sukses dengan kerja sampingan yang Anda pilih, pastikan bahwa Anda memilih pekerjaan sampingan yang sesuai dengan hobi.

Nah, jika Anda hobi dengan kegiatan fotografi, mungkin pada saat waktu luang Anda bisa memotret beberapa objek lalu menjualnya secara online.

Tidak Harus Membutuhkan Modal yang Banyak

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa untuk memulai sebuah usaha pastinya dibutuhkan modal yang banyak agar usaha yang Anda jalankan bisa berjalan dengan lancar. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ini bergantung pada diri Anda sendiri untuk mengambangkan usaha yang akan Anda geluti.

Nah, dari strategi yang telah dijelaskan diatas, mungkin Anda masih merasa bingung dengan beberapa jenis pekerjaan yang tetap bisa dijalankan meski dengan modal yang kecil.

Bagi Anda yang ingin membuat sebuah usaha sampingan namun terkendala dengan modal yang minim atau bahkan tidak memiliki modal sama sekali, sebenarnya ada banyak sekali usaha yang masih bisa untuk dijalankan.

Jangan Ragu Buka Usaha Dengan Modal yang Kecil

buka lapak di car free day tiap minggu

Memiliki modal yang kecil bukanlah sebuah penghalang bagi Anda untuk bisa melakukan kerja sampingan. Bahkan saat ini ada beberapa pekerjaan yang bisa Anda jadikan solusi untuk salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh sebagian besar orang ini.

Salah satu yang bisa anda lakukan adalan dengan membuka booth makanan / minuman yang lagi hits di pagi atau sore hari, tergantuh jenis makanan/minuman. kamupun bisa hanya buka ketika weekend, sabtu dan minggu saja, ketika libur kerja.

Manfaat Kecanggihan Teknologi Komunikasi Untuk Mendapatkan Banyak Keuntungan

banyak peluang kerja baru di era digital ini via thesocialmediamonthly com

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan yang Anda miliki. Salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi komunikasi yang ada saat ini.

Ya, tak bisa dipungkiri lagi bahwa kecanggihan teknologi telah memberikan banyak sekali keuntungan bagi siapa saja. Beberapa pekerjaan dari kecanggihan teknologi ini bisa Anda jadikan sampingan untuk menambah penghasilan.

Sampingan Driver Ojol

Siapa sih yang tak tau ojek online? seragamnya sudah menjamur dimana mana. Peluang menjadi driver ojol sangat menjanjikan dikarenakan bisnis satu ini terus bertumbuh. Tak sedikit pula mahasiswa yang menjadi ojol selepas kuliah, pegawai selepas ngantor hingga tengah malam semua ini untuk menambah penghasilan

Jasa Buat Website

Untuk kamu mahasiswa di bidang IT alias calon sarjana komputer tentu pekerjaan membuat website bukan hal sulit. Banyak diluar sana online shop yang membutuhkan website untuk portofolio mereka. Tentu saja cukup jasa pembuatan saja.

Tidak perlu sampai urusan update konten dan SEO, namun jika mereka membutuhkan itu cukup rekomendasikan kursus SEO terbaik yang tersebar banyak di internet.

Menjual Pulsa Elektrik

Di zaman yang sudah secanggih ini, pulsa menjadi hal yang sangat penting untuk memudahkan komunikasi. Bahkan, untuk bisa menggunakan jaringan internet pun dibutuhkan pulsa.

Selain dapat memberikan banyak sekali keuntungan bagi Anda, berjualan pulsa elektrik juga bisa dilakukan kapan saja. Bahkan, Anda juga bisa melakukannya saat dalam jam kerja.

Social Media Influencer

Nah, pekerjaan sampingan yang satu ini tentu sangat cocok bagi Anda yang sangat aktif dalam dunia sosial media. Pekerjaan yang satu ini mengharuskan Anda untuk memproduksi beberapa konten untuk channel sosial media yang dimiliki.

Follower menjadi hal yang penting dalam menjalankan pekerjaan yang satu ini.

Namun sebelumnya, tentukan konten yang ingin Anda isi pada channel sosial media yang dimiliki. Apakah itu tentang travelling, review game, makanan dan lain sebagainya.

Semakin fokus konten pada akun atau channel Anda, maka akan  lebih mudah Anda mendapatkan audiens.

Manfaatkan Setiap Momen Untuk Mendapatkan Penghasilan

aneka janajan buka puasa via entrepreneurcamp id

Bagi Anda yang memiliki jiwa wirausaha yang tinggi, Anda biasanya memiliki insting lebih tajam untuk memanfaatkan setiap momen yang ada. Dengan demikian, Anda pun bisa mendapatkan keuntungan dengan mudah.

Anda bisa memanfaatkan beberapa momen seperti pesta, hajatan atau yang lainnya untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Bagaimana caranya?

Menjual Sarapan di Pagi Hari

Seperti yang Anda tahu, pagi hari merupakan waktu yang cukup sibuk untuk memulai rutinitas, sehingga tidak semua orang sempat membuat santapan mereka, padahal sarapan merupakan hal yang sangat penting sebagai sumber energi mereka.

Hal ini tentunya bisa Anda manfaatkan sebagai usaha sampingan, yakni dengan berjualan menu sarapan. Usahakan Anda menjual makanan yang sehat dan berkualitas ya, sehingga produk jualan Anda memiliki nilai yang lebih di mata para pembeli.

Membuat Kue Ulang tahun

Buat Anda yang hobi membuat kue, jangan sia-siakan kesempatan yang satu ini. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah, ternyata permintaan untuk kue ulang tahun itu sendiri ternyata cukup tinggi.

Jadi, jangan hanya jadikan hobi ini sekedar sebagai hobi, namun latih terus dan pamerkan pada orang-orang.

Selanjutnya, tentu sudah waktunya bagi Anda untuk menawarkan jasa membuat kue ulang tahun atau acara spesial lainnya. Mulai saja dulu dengan menawarkan jadi ini para kenalan Anda.

Membuka jasa catering

Jasa catering juga bisa dibilang memiliki permintaan yang cukup tinggi. Anda bisa membuka jasa catering untuk pesta ataupun hajatan.

Tentu saja, kerja sampingan yang satu ini bisa memberikan Anda banyak keuntungan. Tidak perlu punya katering jika terlalu repot, cukup makelar saja via instagram contohnya

Hasilkan Uang dari Hobi

hobi fotografi? coba deh jual foto di microstock, 123rf, shutterstock dan sejenisnya via lensa id

Bisa menghasilkan uang dari hobi yang dimiliki memang satu hal yang sangat menyenangkan. Contohnya, dari sekian banyak hobi yang ada, fotografi merupakan salah satu kegiatan yang sangat mungkin untuk mendatangkan penghasilan tambahan.

Hobi yang satu ini memang membutuhkan gear yang cukup mahal, namun jika Anda sudah menyukai fotografi sejak lama, maka setidaknya Anda sudah memiliki satu buah kamera yang mumpuni walaupun belum bisa dikatakan professional.

Untuk menunjang hobi agar bisa menjadi peluang kerja sampingan, ada baiknya Anda aktif dalam komunitas atau  perkumpulan dalam bidang ini.

Tidak hanya akan memberikan ilmu dan pengalaman lebih, aktif dalam sebuah komunitas yang produktif juga akan sangat membantu Anda dalam membangun dan mengembangkan jaringan.

Jangan Takut Untuk Menjadi Pekerja Lepas dan Dapatkan Banyak Keuntungan

aneka peluang kerja freelance di internet

Meskipun masih banyak orang yang memandang sebelah mata, namun jangan takut untuk menjadi seorang pekerja lepas.

Menjadi seorang pekerja lepas malah sebenarnya bisa membuat Anda bisa bekerja dengan siapa saja dan kapan saja. Salah satu kerja sampingan yang saat ini sedang banyak digemari ialah desain grafis.

Jika Anda memang tidak memiliki kemampuan dalam bidang tersebut, maka jangan langsung berkecil hati. Masih ada bidang lain yang mungkin sesuai dengan kemampuan Anda, contohnya saja penulis artikel lepas, pengajar privat, tour guide freelance dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaatkan Kemampuan Bahasa Anda

jadi translator ciklopea com

Semakin kesini, kemampuan berbahasa terlebih bahasa internasional seperti Bahasa Inggris semakin dicari dan menjanjikan saja. Ada cukup banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan  Anda, salah satunya ialah menjadi penerjemah.

Untuk menjadi penerjemah, tentu ada kualifikasi yang perlu Anda miliki, namun sangat mungkin untuk dipelajari. Fee yang didapatkan dari pekerjaan menerjemahkan buku atau lainnya juga tidak sedikit lho.

Bukan hanya buku saja, kini juga sudah ada cukup banyak website yang membutuhkan penerjemah profesional.

Jika Anda merasa mampu menjadi penerjemah yang cakap, tidak ada salahnya untuk langsung membuat dan mengirimkan surat lamaran Anda.

Namun, pastikan Anda membuat surat lamaran yang baik dan menarik ya. Jika belum merasa yakin, Anda bisa mencari beberapa contoh surat lamaran kerja terlebih dahulu untuk dijadikan referensi.

Anda Juga Bisa Menjadi Agen Asuransi

 

Jika Anda ingin menjadi agen asuransi, maka syarat yang harus Anda penuhi yakni dengan memiliki wawasan mengenai asuransi dan memiliki keahlian dalam hal menjual serta menawarkan. Namun sebelumnya, tentu Anda perlu mendaftar terlebih dahulu.

Ketika membuat surat lamaran pekerjaan, jangan lupa cantumkan CV yang jujur namun menarik. Untuk membuat CV tersebut, Anda bisa melihat cara membuat curriculum vitae (CV) yang berkualitas dan menarik terlebih dahulu di internet.

Kini terbukti bukan, bahwa menemukan kerja sampingan yang tepat dan menjanjikan bukanlah perkara yang terlalu sulit. Selama Anda mau berusaha dan memaksimalkan peluang yang ada, mendapatkan penghasilan tambahan bukanlah hal yang mustahil untuk Anda dapatkan.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Lengkap

Cara membuat pupuk organik cair – Pupuk organik cair selain dapat memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah, juga membantu meningkatkan produksi tanaman,  mengurangi...
Rifai
4 min read

Kumpulan Kata Kata Bijak

Rifai
13 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *