Makanan Ikan Salmon Untuk Kesehatan

Apa Saja Manfaat Ikan Salmon?

Salah satu jenis ikan yang mendapatkan reputasi ikan baik bagi kesehatan adalah ikan salmon. Manfaaat ikan salmon memang sudah dari dulu terkenal di dunia kesehatan. Tak heran jika banyak yang mengonsumsi ikan salom agar badan tetap sehat dan bugar.

Salmon merupakan salah satu jenis ikan baik dan terkenal seperti ikan sarden, tuna, dan makarel karena dagung ikan salmon sangat bermanfaat baik untuk perkembangan otak, kesehatan jantung, mengurangi depresi, serta baik untuk kesehatan kulit dan rambut.
Tak heran jika banyak pakar kesehatan yang sering merekomendasikan ikan salmon sebagai menu sehari-hari karena memang manfaatnya sebanyak itu. Yuk, cek manfaatnya satu persatu.

1. Menunjang Perkembangan Otak

manfaat ikan salmon
ikanlaut.net

Jika Anda sulit untuk konsentrasi dan juga mengalami masalah pada daya ingat, maka sebaiknya segera perbanyak makan ikan salmon. Manfaat ikan salmon adalah mengandung omega-3. Asam lemak ini sangat baik untuk perkembangan otak dan juga memperbaiki retensi ingatan.

Dengan mengonsumsi ikan salom, maka otak akan terus mendapatkan nutrisinya. Omega-3 akan menjaga dan mempertajam kemampuan otak. Bagi yang mengalami demensia atau fungsi mental yang melemah maka sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon.

Ikan salmon juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, D, E dan K. Vitamin tersebut bisa memberi makan otak, meningkatkan sendi tulang, mengatur keseimbangan metabolisme, dan juga memperbaiki otot.

2. Baik untuk Jantung

Manfaat ikan salmon berikutnya adalah baik untuk jantung. Memang manfaat besar dari ikan salmon adalah untuk kesehatan jantung. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3, asam docosahexaenoic, selenium, dan asam eicosapentaenic.

Kombinasi keempat kandungan tersebut mampu menurukan tekanan darah yang tinggi. Jika Anda mempunyai hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka Anda juga akan mempunyai risiko penyakit jantung dan kolesterol yang meningkat. Karena itulah Anda butuh ikan salmon.

Sumber lemak yang sehat dari ikan salmon pun juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan asupan asam lemak esensial dari salmon, maka Anda bisa melindungi jantung, menurukan kolesterol, dan memberikan energi pada tubuh.

3. Meredakan Depresi

khasiat ikan salmon
ryboedov.ru

Mungkin masih banyak yang ragu dengan manfaat ikan salmon yang satu ini. Namun ternyata memang ikan salmin terbukti untuk meredakan depresi. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk meredakan depresi.

Manfaat yang satu ini akan lebih optimal jika dikonsumi bersamaan dengan obat antidepresen yang sudah diresepkan dokter sebelumnya. Selain itu, omega-3 juga akan membuat hormon anti stress untuk meningkat sehingga depresi Anda akan segera sembuh.

Manfaat yang satu ini memang sudah terbukti karena berdasarkan hasil penelitian, orang yang tidak makan ikan salmon maka sel-sel otaknya tidak menggunakan bahan kimia untuk bisa memproduksi hormon anti stress dan tidak bisa meningkatkan mood seseorang juga.

4. Baik untuk Kulit dan Rambut

Manfaat tang terakhir dari ikan salmon adalah baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Jika Anda sedang melakukan diet rendah lemak, maka biasanya efek samping dari diet tersebut adalah kulit dan rambut yang menjadi kusam akibat kekurangan lemak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka ikan salmon adalah solusinya. Ikan yang satu ini bisa memenuhi kebutuhan kulit dan rambut akan lemak. Asam lemak essential pada ikan salmon akan membuat kulit dan rambut Anda tetap lembab, bercahaya, halus, dan sehat.

Tentu saja dengan keempat manfaat ikan salmo diatas, Anda semakin semangat untuk mengonsumsi ikan salmon.

Leave a Comment