Bingung Memilih Konsep pada Taman Anda? nih Jenis Taman yang bisa Nambah Ide untuk Taman Hunianmu

Bukanlah hal yang mudah untuk memilih konsep taman yang akan anda terapkan pada hunian. Banyak hal yang harus diperhatikan, misalnya dari luas lahan yang tersedia, menyesuaikan dengan konsep hunian, serta menyesuaikan dengan cuaca yang ada di wilayah hunian anda.

Nah menyatukan beberapa hal ini untuk menjadikan sebuah taman yang indah bukanlah hal yang mudah, ini juga menyesuaikan dengan karakter pemilik hunian serta fungsi utama dari taman tersebut.

Dengan pertimbbangan berbagai hal tersebut, tak lupa hal pokok yang harus diperhatikan, misalnya memilih tanaman yang cocok. Mengetahui cara perawatan tanaman-tanaman yang kita pilih serta memperhatikan sistem drainase pada taman.

Untuk dapat memenuhi hal tersebut tentu saja perlu waktu untuk mempelajarinya. Nah sambil belajar kaakter tanaman berikut ada beberapa jenis taman yang dapat anda jadikan inspirasi taman pada hunian:

1.     Taman Vertikal

Taman vertikal merupakan salah satu solusi untuk hunian masa kini yang tidak memiliki lahan yang cukup luas. Mengapa begitu?

Karena tanaman yang ditanam pada taman ini ditata secara vertikal. Penataan tanaman ini dapat ditempatkan pada dinding tembok pagar maupun dengan membuat rak khusus untuk tempat tanaman. Selain penempatan tanaman pada rak khusus secara vertikal, dapat pula menambahkan variasi dengan menata tanaman dengan cara digantung.

Tentu saja harus memilih karakter tanaman yang sesuai untuk tanaman gantung maupun tanaman dalam rak tersebut. Dengan penataan tanaman pada rak secara vertikal ini dirasa sangat solutif pada masyarakat perkotaan karena tidak menghabiskan banyak lahan untuk media tanam. Bagaimana tertarik mengaplikasikannya?

2.     Taman Kering

Jenis Taman Kering Bebatuan
Jenis Taman Kering Bebatuan

Taman kering adalah taman yang banyak diaplikasikan di dalam hunian. Pemilihan taman kering dirasa praktis, karena dapat menambah kesegaran dalam rumah dengan berbagai jenis tanaman namun tetap nampak rapi.

Taman ini tak banyak menggunakan rumput seperti taman pada umumnya,karena sebagian diganti dengan elemen batu. Halini dilakukakn karena kebanyakan taman kering berada di dalam rumah yang mana suply sinar matahari pun terbatas, sehingga rumput bukanlah menjadi pilihan yang tepat.

Namun perlu diperhatikan pula sistem drainase taman kering ini ya, selain itu walaupun sangat terbatas namun suply sinar matahari harus tetap diperhatikan karena merupakan kebutuhan utama pada tanaman.

3.     Taman Mediterania

Taman mediterania ini banyak diaplikasikan pada hunian masa kini, yang cocok diterapkan pada hunian anda yang bergaya minimalis.  Taman yang dikenal dengan desain yang lebih simetris dari taman lain pada umumnya. Penggunaan penyangga pada pot tentu saja menjadi ciri khas pada taman ini.

Kebanyakan taman mediterania ini juga memanfaatkan kolam ikan sebagai elemen pemanis pada taman. Penggunaan lampu taman dapat ditambahkan, selain berfngsi sebagai pencahayaan pada malam hari dirasa juga akan menambah kesan tersendiri pada taman. Bagaimana? Jika hunian anda bergaya minimalis, ini dapat menjadi pilihan.

4.     Taman Bergaya Eropa

Jenis Taman Bergaya Eropa
Jenis Taman Bergaya Eropa

Banyak dari anda yang tau bahwa taman taman di Eropa merupakan taman dengan lahan yang cukup luas bukan? Ya taman bergaya eropa ini merupakan taman yang dapat diaplikasikan pada hunian mu yang memiliki lahan yang cukup luas.

Selain itu taman bergaya eropa ini identik dengan pemilihan tanaman yang berbunga dan berwarna warni. Pun banyak ditambahkan dengan ornamen gaya eropa seperti kolam air mancur dengan berbagai patung pendukungnya. Bagaimana tertarik membawa suasana eropa pada hunian anda?