Cara Belanja Online Aman dan Terpercaya

1 min read

Menyimpan Bukti Transaksi

Majunya perkembangan teknologi masa kini memang membuat banyak sekali perubahan pada kehidupan masyarakat sekarang. Teknologi yang semakin berkembang membuat masyarakat menyukai hal-hal praktis, mudah, dan cepat. Salah satunya berbelanja online, yang kini sering dilakukan masyarakat kita.

Ditambah berbelanja online sudah semakin berkembang dari waktu ke waktu. Apalagi dengan caranya yang sangat mudah, tidak repot, dan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan toko-toko pada umumnya.

Meskipun begitu, berbelanja online juga memiliki resiko keamanan yang perlu anda perhatikan juga. Untuk mengurangi resiko dan membuat belanja online anda tetap aman dan nyaman, simak beberapa cara belanja online aman dan terpercaya agar anda tidak mudah ditipu :

Memilih Situs Belanja Online yang Terpercaya

Memilih Situs Belanja Online yang Terpercaya

Tahap pertama yang mendasar yang terpenting yang perlu anda diperhatikan ketika berbelanja online adalah dengan memilih situs belanja online yang memang sudah terpercaya dan terjamin keamannya. Dengan begitu, situs-situ belanja online tersebut tentu saja sudah dilengkapi dengan apliasi yang memiliki keamanan yang lengkap dan sudah terjamin.

Dengan nama situs belanja online yang besar juga tentu saja akan memberikan jaminan keamanan bagi pengunjung dan konsumen. Anda bisa melakukan riset ketika menggunakan situs belanja online baru sebelum melakukan transaksi seperti, membaca ulasan dan melihat-lihat apakah konsumen lain memiliki pengalaman negatif atau positif terhadap situs belanja tersebut.

Memilih Seller atau Toko

Memilih Seller atau Toko

Pada tahap ini, anda perlu mencari seller atau toko dengan reputasi dan pengalaman terbaik. Walaupun kita sudah memilihh situs-situs belanja online terbesar yang menyediakan sistem marketplace, tidak memungkinkan anda langsung percaya kepada semua penjual. Tidak jarang ada seller atau toko yang melakukan penipuan. Untuk itu pastikan anda memilih seller atau toko yang memiliki reputasi bagus, misal toko grosir baju online ini.

Untuk mendapatkan informasi pengalaman dari seller atau toko tersebut, anda bisa melihatnya dari beberapa ulasan pengalaman konsumen. Jika terlalu banyak komentar negatif ataupun penillaian yang buruk, anda bisa memilih seller lain. Sementara jika anda ingin berbelanja via media sosial, anda bisa melihat testimoni pengalaman konsumen lain.

Gunakan Rekening Bersama

Gunakan Rekening Bersama

Saat berbelanja online, menggunakan rekening bersama untuk bertransaksi merupakan cara teraman agar anda terhindar dari resiko penipuan. Sistem yang dimaksud ini adalah uang yang ditransfer tidak akan sampai jika barang yang anda pesan belum tiba. Penjual baru akan menerima uang jika pembeli sudah mengkonfirmasi barang tiba dari transaksi online yang anda lakukan. Namun jika barang tersebut mengalami masalah pengiriman atau tidak kunjung tiba pada anda, maka uang anda akan kembali.

Umumnya sistem tersebut sudah disediakan di website belanja online yang memiliki nama besar. Atau jika anda ingin menyicil, anda bisa mencoba transaksi melalui pembayaran kartu kredit. Banyak orang yang menggunakan salah satu metode tersebut sebab merasa aman.

Memperhatikan Deskripsi Produk

Memperhatikan Deskripsi Produk

Tidak jarang orang menerima barang yang tidak sesuai dengan keinginannya karena tidak membaca deskripsi produk yang akan dibeli terlebih dahulu. Sementara jika anda berbelanja online, anda tidak bisa melihat langsung barang yang ingin anda beli.

Walau hanya melihat gambarnya saja, biasanya penjual memberi gambar yang kurang jelas dan tidak sesuai dengan kenyataan. Akan lebih bagus jika anda memperhatikan deskripsi produk dengan teliti. Seperti jika anda ingin membeli sepatu, perhatikan ukuran, bahan dan warna dari sepatu tersebut.

Menyimpan Bukti Transaksi

Menyimpan Bukti Transaksi

Yang paling penting dari transaksi online, jangan lupa untuk menyimpan segala bukti transaksi. Dan informasi detail yang berhubungan dengan transaksi online yang anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *