Daftar Idiom Bahasa Inggris Plus Arti dan Contoh 

Pernahkah kamu mendengar ungkapan bahasa inggris yang secara makna susah diterjemahkan dari vocab atau kosa katanya? Mungkin kamu juga akan berfikir bahwa kalimat tersebut tidak bisa dinalar maknanya. Nah kalimat seperti inilah yang sering dikenal dengan idiom. Idiom sendiri dalam bahasa Indonesia merupakan bahasa kiasan yang menggunakan kosa kata umum namun maknanya tidak bisa diterjemahakan perkata.

Serangkaian kalimat ini sudah sepaket sehingga menimbulkan makna kiasan yang akan sedikit sulit dipahami bagi  yang belum mempelajarinya. Jika kamu pernah kursus bahasa inggris di Pare atau yang sering disebut kampung Inggris tentu kamu sudah tidak asing dengan beberapa kalimat idiom.

Ragam Kalimat Idiom

Image Source: com.tr

Pasalnya ada banyak tempat kursus bahasa Inggris di Pare yang mengajarkan berbagai kalimat idiom sebagai modal pembelajaran speaking di sana. Sehingga pelajar tidak hanya diajarkan menyusun kalimat sesuai grammar akan tetapi juga diajarkan bagaimana menggunakan kalimat kiasan dalam bahasa sehari-hari.

Belajar bahasa idiom menjadi salah satu bagian yang terpenting dalam speaking. Hal ini karena tak jarang native akan menggunakan bahasa idiom saat berbicara dengan orang lain. Oleh karenanya bagi kamu yang ingin lebih tau mengenai bahasa idiom yang sering dipakai para native speaker maka di bawah ini bisa kamu simak dengan baik beberapa contoh kalimat kiasan idiom lengkap disertai dengan makna dari setiap kalimatnya. Nah beberapa contoh tersebut adalah :

Pull a rabbit out of a hat

Jika diartikan perkata mungkin makna kalimat di atas adalah menarik kelinci keluar dari sebuah topi. Namun karena kalimat ini merupakan kalimat kiasan maka makna sebenarnya adalah melakukan suatu hal yang terlihat luar biasa atau yang tak terduga. Contoh : you pulled a rabbit out of a hat, so happy to see that.

Feeling under the weather

Nah kalimat kiasan yang satu ini kurang lebih dapat diartikan bahwa kamu merasa kurang enak badan atau saat kamu sedang sakit. Contoh : today I’m feeling under the weather. Can you just turn off the AC?

A piece of cake

Makna dari kalimat kiasan yang satu ini adalah sangat mudah atau gampang sekali. Kalimat ini bisa kamu katakana saat kamu merasa sangat tidak kesulitan dalam melakukan suatu hal. Contohnya : swimming in the sea is a piece of cake for me.

Hit the books

Kalimat idiom yang satu ini bisa diartikan dengan belajar sangat giat atau belajar keras. Contoh kalimantnya adalah : I have to hit the books to get a good score tomorrow.

Pull yourself together

Kalimat idiom ini bisa diartikan dengan keadaan tenang. Kalimat kiasan ini bisa kamu gunakan untuk memotivasi diri sendiri atau orang lain untuk selalu bersikap tenang menghadapi segala hal yang mengkhawatirkan. Contohnya : I know you got that problem. But please pull yourself together. Just belive that god will give you the good solution.

Got out of hand

Kiasan yang satu ini bisa diartikan atau dimaknai sebagai keadaan yang tak terkendalikan atau berantakan. Contohnya : the situation was getting out of hand because many people do the demonstration infront of the office.

Nah beberapa contoh bahasa idiom di atas mungkin bisa menjadi sedikit referensi untuk kamu yang ingin tahu seperti apa contoh kalimat kiasan dalam bahasa inggris.